Renault Kwid Ada Versi Listriknya, Daya Jelajah 250 Km


BEIJING (DP) – Di Indonesia, Renault Kwid menjadi salah satu model yang bersaing di segmen harga Rp100 juta hingga Rp150 juta. Meski sulit menemukan hatchback ini di jalanan, tapi versi listriknya sudah beredar di China.

Kwid EV versi produksi muncul pertama kali di Negeri Tirai Bambu dan model ini diklaim memiliki daya jelajah sejauh 250 km, yang tergambar dari hasil ujicoba di jalan raya di negeri itu belum lama ini.

Dari sisi desain, varian EV ini tak jauh beda dengan Kwid versi reguler, meski bagian depannya mengalami ubahan, terutama desain gril dan lampu utama. Tak tampak gril yang terlalu terbuka, karena Kwid EV tak butuh radiator untuk mendinginkan mesin. Beralih ke bagian buritan, ubahan juga dilakukan pada desain bumper dan lampu belakang. Eksterior Kwid EV juga disematkan sejumlah grafis baru agar terlihat berbeda dengan model reguler.

Baca juga:  Harga Glory 560 Gempur Honda HR-V, Duo Astra Ketar-ketir

Untuk interiornya, Kwid EV kemungkinan dibekali klaster instrumen baru dan juga pelapis tempat duduk anyar. Muncul harapan Kwid EV akan disematkan beragam fitur terkini, seperti touch screen infotainment system, power window, kamera mundur dengan sensor parkir, velg alloy dan sebagainya.

Sejauh ini spesifikasi Kwid EV belum diungkap ke publik, tapi beberapa laporan media menyebutkan model versi produksi akan memiliki daya jelajah sejauh 250 km untuk sekali pengisian baterai.

Disebutkan bahwa Renault mengembangkan Kwid EV bersama mitranya di China, yakni Dongfeng, dengan membangun sebuah perusahaan patungan bernama e-GT New Energy Automotive company.

Kwid EV akan diproduksi di pabrik Dongfeng di Shiyan, China bagian tengah, dan kapasitas produksi diperkirakan mencapai 120.000 unit per tahun. Renault Kwid bertenaga listrik ini diestimasi diperkenalkan secara resmi pada akhir tahun ini atau awal 2020.

Setelah itu, Renault kemungkinan akan memboyong Kwid EV ke India pada 2022. Sama seperti di Indonesia, Kwid bermesin konvensional juga tak laku di India. Meski sudah mengalami ubahan minor tahun lalu, Kwid juga sepi peminat.

Baca juga:  AHM Lahirkan Wirausaha Milenial di Best Student 2018

Renault baru saja memperbarui fitur Kwid konvensional untuk seluruh varian, seperti penambahan airbag untuk pengemudi, pengingat seat belt dan rem ABS dengan EBD sebagai peranti standar. Untuk MediaNAV touchscreen infotainment system yang disematkan pada Kwid lawas, kini diperbarui dengan new MediaNav Evolution, yang memiliki pilihan konektivitas, seperti Android Auto dan Apple CarPlay. [dp/TGH]