All-new Nissan Livina Resmi Meluncur, Ini Bedanya dengan Mitsubishi Xpander

Nissan Indonesia resmi meluncurkan All New Livina dengan banderol dimulai dari harga Rp 198,8 juta OTR Jakarta.

JAKARTA (DP) – Segmen low MPV Tanah Air kembali diramaikan model anyar dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui All-New Nissan Livina, yang resmi diluncurkan di Jakarta, Selasa (19/2).

Istimewanya, kelahiran kembaran Mitsubishi Xpander di Indonesia ini merupakan world premier, alias yang pertama di dunia, sehingga pasti menjadi pusat perhatian dunia.

Tak seperti Livina lawas, all-new Livina berbasiskan pada Mitsubishi Xpander setelah Mitsubishi menjalin aliansi bersama Nissan dan Renault. Tapi meski basisnya sama, antara Livina dengan Mitsubishi memiliki sedikit perbedaan desain, terutama untuk menegaskan bahasa desain masing-masing merek.

Untuk Livina anyar, Nissan mengubah sebagian besar wajah Xpander, sehingga tampilan depan Livina tak lagi mirip dengan kembarannya. Livina mengadopsi desain gril berbentuk huruf V (V-shape grille), yang menjadi ciri desain terbaru jajaran model kendaraan Nissan. Sekilas, bentuk V pada gril dan apron depan yang lebih dalam mirip dengan X-Trail.

Baca juga:  Mitsubishi Xpander Berwujud Crossover MPV Segera meluncur

Perbedaan lain antara Livina dengan Xpander adalah lampu LED daytime running lights. Namun demikian, posisi lampu utama masih sama dengan milik Xpander, yakni tengah bumper. Bentuk lampu kabut Livina yang persegi panjang, berbeda dengan milik Xpander yang bulat.

Lantas, apa lagi yang berbeda dari kedua low MPV pesaing duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini? Selain tampilan depan, bagian buritan Livina juga berbeda dengan Xpander. Bila Xpander memiliki pola berbentuk huruf ‘X’ pada bagian belakang, tema lebih sederhana dianut Nissan untuk buritan Livina. Juga desain klaster lampu belakang tak sebangun antara Livina dengan Xpander.

Perbedaan paling mencolok pada bagian belakang kedua low MPV Jepang ini adalah bagian bawah bumper belakang, di mana diffuser pada Livina terbelah menjadi dua bagian, berbeda dengan milik Xpander yang menyatu.

Melongok ke dalam kabin Livina, aura Xpander sangat kental. Desain interior sebagian besar diambil dari Mitsubishi Xpander, dengan hanya menyisakan lingkar kemudi yang berlogo Nissan.

Baca juga:  Mitsubishi Mirage Berwajah Xpander Sudah Nongol di Jalan

Sama seperti Xpander, setir Livina dibekali fitur tilt (naik turun) dan teleskopik (maju mundur), ditambah dengan keberadaan beberapa soket untuk mengisi daya gadget.

Tak cuma berbekal desain, Nissan Livina makin oke dengan disematkannya sejumlah fitur terkini, Intelligent Mobility, yang meliputi stability control, traction control, dan smart key. Tujuh tempat duduk menjadi kapasitas angkut standar untuk MPV anyar ini.

Bagaimana dengan dapur pacunya? Untuk sektor ini, Nissan enggan ikut campur, karena semua sama dengan milik Xpander, yakni mesin bensin 1.5 liter. Tapi tenaga mesin Livina sedikit lebih kecil, yaitu 104 PS, dibandingkan dengan Xpander yang sebesar 105 PS, meski torsinya sama-sama di angka 141 Nm. Begitu juga dengan transmisinya yang sama ditawarkan dua pilihan, yaitu manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. [dp/TGH]