Wuihh…Kepolisian Malaysia Bakal Pakai Honda Civic Type R


KUALA LUMPUR (DP) – Beda negara beda pula kebijakannya soal armada kendaraan patroli dan buru sergap kepolisian. Yang paling mencenangkan dunia adalah kepolisian Dubai, yang menggunakan supercar seperti apa yang di Lamborghini Aventador dan bahkan Bugatti Veyron sebagai mobil patroli polisi.

Jika di Indonesia, Kepolisian RI memanfaatkan jasa sedan Mazda 6 sebagai kendaraan patroli dan pengawalan, Kepolisian Diraja Malaysia sepertinya juga memilih sedan asal Jepang, yakni Honda Civic Type R, untuk urusan patroli, pengawalan dan buru sergap.

Dalam laporannya, Paul Tan’s Automotive News, menyebutkan bahwa Royal Malaysian Police (PDRM) telah menguji FK8 Civic Type R untuk kemungkinan menugaskan sedan ini sebagai kendaraan buru sergap, karena performa model ini yang dikenal beringas.

Tapi dalam beberapa foto yang beredar di dunia maya, Honda Civic Type R terlihat sudah memiliki livery PDRM. Meski kemudian muncul penjelasan bahwa Civic Type R tersebut adalah mobil pinjaman untuk dilakukan pengujian di lapangan sebelum benar-benar dipilih untuk memperkuat armada kendaraan PDRM.

Baca juga:  Gabung EMI, Mazda Berhasil Tingkatkan Penjualan

Kalau hanya untuk menguji kecepatannya, Civic Type R berkode FK8 ini tak perlu diragukan. Berbekal mesin 2.0-liter turbo, model ini memiliki tenaga 310 PS dan torsi 400 Nm, sehingga tak akan sulit untuk mengejar mobil pelaku kejahatan.

Jika semua itu terwujud, ini bukan kali pertama kepolisian Malaysia memiliki armada kendaraan berperforma tinggi. Sebelumnya, PDRM memiliki 25 unit Mitsubishi Lancer Evolution X. [dp/TGH]