Grand New Xenia Belum Jadi Andalan, Sigra Masih Teratas

Sigra terus berkontribusi positif besar pada penjualan Daihatsu.

JAKARTA (DP) – Penjualan Daihatsu ke dealer (wholesales) mengalami penurunan selama Januari lalu dibandingkan yang diraih pada periode yang sama tahun 2018. Tercatat 14.769 unit terkirim ke dealer, sementara di tahun sebelumnya mencapai 18.788 unit.

Meski begitu, penjualan secara ritel Daihatsu cukup positif dengan perolehan 16.274 unit, demikian rilis yang diterima Dapurpacu.id, Rabu (20/2) lalu.

“Kami bersyukur, Daihatsu mengawali tahun 2019 dengan capaian penjualan yang cukup baik. Daihatsu akan terus meningkatkan pelayanan penjualan dan purna jual bagi seluruh Sahabat Daihatsu di Indonesia,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Terkait pasar otomotif nasional, penjualan retail Daihatsu meraih pangsa pasar sebesar 18,7% dari volume retail nasional 87.048 unit. Sementara whole sales Daihatsu meraih pangsa pasar 18,1% dari volume whole sales nasional 81.677 unit.

Sigra kembali menempati posisi teratas penjualan retail Daihatsu sebanyak 4.260 unit, berkontribusi sebesar 26%. Diikuti Gran Max (PU) 3.424 unit (21%), dan Terios 2.426 unit (15%).

Baca juga:  Komunitas Daihatsu Bekasi Bertekad Jadi Pelopor Safety Driver
Grand New Xenia belum berkontribusi besar pada penjualan Daihatsu sepanjang Januari lalu.

Kemudian disusul oleh Xenia 2.299 unit (14%), Ayla mencapai 2.182 unit (13%), dan Gran Max (MB) 1.304 unit (8%). Untuk line-up Daihatsu lainnya, yakni Luxio, Sirion dan Hi-Max, mencapai 379 unit (3%).

Pada sisi wholesales, Daihatsu juga dipimpin oleh Sigra sebanyak 3.827 unit (26%), diikuti Gran Max (PU) sebesar 3.212 unit (22%), dan Xenia 3.037 unit (21%).

Kemudian, ada Ayla dengan torehan sebesar 1.825 unit (12%), Terios 1.459 (10%), dan Gran Max (MB) 1.042 unit (7%). Untuk model lainnya (Luxio, Sirion, dan Hi-Max) berkontribusi 367 unit (2%). [dp/MTH]