Siap Menyambut Hot Hatch Toyota Corolla GRMN


MUNICH (DP) – Kehadiran Toyota Corolla model terbaru cukup menyita perhatian publik berkat desainnya yang kental aroma sporty. Tak ingin perhatian itu berpaling ke ‘lain hati’, Toyota pun bersiap untuk melengkapi jajaran model sedan populer itu dengan varian hot hatch, alias hatchback berperforma tinggi.

Nantinya, model hot hatch itu kabarnya akan menyandang nama Corolla GRMN. Itu artinya Toyota Gazoo Racing yang akan menggarap proyek tersebut.

Kabar tersebut ternyata bukan sekadar rumor, karena Toyota Deputy Chief Designer, Toshio Kanei, sendiri yang mengonfirmasi bakal kehadiran hot hatch Corolla GRMN tersebut saat diwawancarai media otomotif Jerman, AutoRAI, pekan ini.

Namun demikian, menurut Kanei, Corolla GRMN itu tidak akan mengusung mesin hybrid. Penjelasan Kanei itu bertentangan dengan spekulasi yang beredar belakangan ini. Apalagi biasanya Toyota kerap menanamkan teknologi hybrid untuk mendongkrak performa kendaraannya.

“Kami saat ini sedang mengkaji model apa yang paling efektif untuk pasar Eropa, tapi Corolla GRMN benar-benar realistis,” ucapnya kepada AutoRAI.

“Kami telah menggarap proyek ini. Pengembangan dilakukan di bawah pengawasan Toyota Gazoo Racing. Departemen ini telah memasukkan Corolla GRMN dalam rencana ke depan, tapi untuk saat ini, proyek ini masih dalam tahap perencanaan.”

Baca juga:  Piaggio Indonesia Tebar Diskon Menggiurkan di Awal Tahun

Kanei kembali menegaskan bahwa menyebutkan Toyota Corolla GRMN tidak akan menggunakan mesin hybrid. Sebagai gantinya, hot hatch ini akan dibekali mesin 4 silinder 1.6-liter turbocharged.

Ia menambahkan bahwa dalam mengembangkan sasis, prosesnya cepat. Yang lama adalah proses rekayasa dapur pacu.

Untuk model ini, Toyota akan mengevaluasi pasar mana yang cocok untuk hatchback performa tinggi ini. Meski model hatchback kurang populer di Amerika Serikat, tapi bisa saja Corolla GRMN juga akan ditawarkan di sana. Pasalnya, Corolla Hatchback juga dipasarkan di Negeri Paman Sam. Kita tunggu saja perkembangannya, siapa tahu Toyota Indonesia juga akan memboyongnya ke Tanah Air. [dp/TGH]