Ternyata Premi Asuransi Untuk Anjing Lebih Mahal Ketimbang Mobil


LONDON (DP) – Kendaraan bermotor seperti mobil termasuk harta berharga yang butuh perlindungan asuransi. Untuk asuransi mobil, butuh biaya cukup besar yang dikeluarkan sang pemilik untuk membayar premi agar mobil mereka terlindung dari berbagai hal yang tak diinginkan.

Tapi tahukah Anda bahwa premi asuransi mobil tertentu ternyata kalah tinggi dibandingkan dengan asuransi hewan peliharaan, khususnya anjing. Perbandingan biaya premi itu terkuak dari data yang ditampilkan AA Insurance.

Kita sekarang bicara tentang perbandingan biaya premi asuransi mobil dengan anjing di Inggris. Yang bikin takjub, ada salah satu ras anjing yang biaya premi asuransinya dua kali lebih besar dari premi yang harus dibayarkan untuk asuransi SUV mewah, yakni BMW X5.

AA Insurance mengungkapkan bahwa biaya premi untuk anjing tersebut senilai £1.138,80 atau sekitar Rp20,7 juta setahun, bandingkan dengan premi untuk BMW X5 yang hanya £474,78 atau sekitar Rp7,8 juta.

Baca juga:  Toyota Siapkan Platform F1 Untuk SUV dan Pickup

Bahkan Ratu Elizabeth harus mengeluarkan biaya besar untuk premi asuransi puluhan ekor anjingnya. Untuk seekor anjing jenis corgi saja preminya sekitar £483 (Rp8,8 juta), dan boleh Anda bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk asuransi sekitar 30 anjing yang dimiliki kerajaan Inggris. Biaya untuk asuransi hewan peliharaan itu jauh lebih besar ketimbang untuk premi sebuah Land Rover Discovery yang preminya £636 setahun.

Nah, sekarang kita membahas soal biaya premi untuk anjing paling populer dibandingkan dengan mobil terpopuler di tanah Inggris. Anda harus membayar premi sekitar £216 (Rp3,9 juta) untuk sebuah Ford Fiesta, yang notabene adalah mobil paling populer di Inggris hingga saat ini. Sebagai perbandingan adalah anjing jenis chihuahua, yang merupakan anjing terpopuler kedua di Inggris pada 2018. Untuk hewan peliharaan jenis ini, Anda harus merogoh kocek £336 (Rp6,1 juta) untuk membayar premi asuransinya.

Baca juga:  Kia Telluride, Sang Calon Bintang di Segmen Crossover Mewah

Komparasi tersebut adalah untuk Ford Fiesta berusia setahun, sedangkan untuk anjing chihuahua juga berusia setahun dengan cover asuransi Gold Plus dari AA Insurance.

Ada jenis anjing lain yang biaya premi asuransinya juga tinggi dibandingkan mobil yang lumayan populer di Inggris, seperti anjing samoyed versus Kia Sportage atau rhodesian ridgeback versus Toyota RAV4. Premi untuk ridgeback adalah £706, atau lebih dari dua kali lipat dari premi untuk RAV4 yang senilai £289. Kemudian anjing samoyed yang hanya sekitar £386, tapi angka itu masih lebih tinggi £21 ketimbang untuk premi Sportage yang sekitar £365. [dp/TGH]