Perpres Tentang Mobil Listrik Mulai Ada Titik Terang


JAKARTA (DP) – Penyusunan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik dipastikan rampung pada Maret 2019.

Saat ini, draf Perpres itu difinalisasi di tingkat kementerian dan selanjutnya disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

“Informasi itu diperoleh langsung dari hasil pertemuan pelaku industri otomotif dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan,” kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, di Jakarta, Jumat (1/3).

Nangoi mengatakan, hampir semua anggota Gaikindo menunggu perpres tersebut. Sebab, perpres itu akan memberikan arahan yang jelas tentang pengembangan mobil listrik ke depan.

“Dalam tiga tahun terakhir, pembahasan soal pengembangan mobil listrik di Indonesia cukup masif. Prinsipnya, Gaikindo tidak bisa mengembangkan kendaraan listrik tanpa aturan, jika aturan sudah keluar, rencana pengembangan mobil listrik bisa disusun,” papar dia.

Selain itu, lanjut Nangoi, pihaknya meminta infrastruktur pengembangan mobil listrik harus jelas.

Baca juga:  Changan Pamer Crossover Keren, Tapi Mirip Mobil Apa Ya?

“Percuma saja dikembangkan mobil listrik, tetapi tidak ada infrastruktur. Oleh sebab itu, kami benar-benar meminta infrastrukturnya harus clear,” ujarnya. [dp/PNB]