UD Trucks Indonesia Gelar Program Aman Berkendara Untuk Sopir Truk


JAKARTA (DP) – UD Trucks Indonesia berkolaborasi dengan Terminal Petikemas Koja (TPK Koja) dan Polres Tanjung Priok menggelar program safety dan apresiasi kepada pengemudi truk di Terminal Petikemas Koja, Pelabuhan Tanjung Priok.

Berlangsung selama tiga hari (27/2 – 1/3), kegiatan ini telah memasuki tahun keempat penyelenggaraannya. Program ini merupakan suatu bentuk rasa terima kasih UD Trucks terhadap kinerja baik pengemudi truk yang memberikan kontribusi pada kemajuan bisnis UD Trucks di Indonesia.

Handi Lim, Direktur Sales dan Logistik UD Trucks Indonesia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan bagi UD Trucks dalam memberikan dukungan dan menciptakan pengemudi truk yang handal serta teredukasi dengan baik.

Selain itu, pertumbuhan sektor logistik Indonesia selalu menjadi momentum tepat bagi UD Trucks untuk memperkuat komitmennya melalui pemberian dukungan terus-menerus kepada salah satu faktor penting dalam industri ini yaitu para pengemudi truk.

“Karena pengemudi truk handal dengan kinerja yang baik tidak hanya membantu meningkatkan faktor keamanan dan keselamatan di jalan, namun juga membantu menekan biaya operasional bagi pelanggan serta berkontribusi besar pada kelancaran bisnis produsen truk itu sendiri,” tambah Handi.

Seperti diketahui, moda transportasi truk saat ini masih menjadi primadona dalam menunjang kegiatan logistik di pelabuhan. Disisi lain, padatnya kegiatan di jalan memiliki potensi terjadinya kecelakaan.

Truk yang mengalami kecelakaan akan memberikan dampak terhadap kehilangan nyawa manusia, kerusakan barang, kemacetan parah dan terhambatnya arus logistik nasional.

IPTU Sugiya Wakasalantas Polres Pelabuhan Tanjung Priok menuturkan setiap hari pihaknya melihat aktivitas truk cenderung meningkat. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan kondisi keselamatan pengemudi truk.

Untuk itu, lanjut Sugiya, adanya program ini mengingatkan kembali tidak hanya kepada pengemudi truk, namun juga masyarakat dan pemegang kepentingan di area ini untuk selalu memperhatikan aspek keselamatan dalam berkendara di sela-sela aktivitas yang padat guna mendukung kelancaran operasional.

“Kami mendukung penuh acara ini mengingat pentingnya edukasi safety driving bagi pengemudi, dan program ini juga sejalan dengan program ‘Millenial Road Safety Festival’ yang sedang gencar dilaksanakan di lingkup kerja Polres Pelabuhan Tanjung Priok,” pungkasnya.

Bagi pihak TPK Koja, kegiatan ini sangat seusai dengan komitmen dalam mempertahankan faktor keselamatan di pelabuhan sehingga kelancaran arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok bisa tetap terjaga.

“Dengan adanya pengemudi yang handal dan patuh pada peraturan keselamatan, akan memudahkan kelancaran kegiatan bongkar muat barang dan pelayanan kepada pelanggan bisa maksimal,” ujar R.Istrijanto, Manager HSSE TPK Koja.

Sebagai informasi, Supply Chain Indonesia (SCI) memprediksi bahwa tahun ini industri logistik akan mengalami pertumbuhan sebesar 11,56% lebih tinggi dibanding 2018.

Sejak dimulainya program apresiasi pengemudi ini pada 2016, sebanyak 2.500 pengemudi truk di Indonesia telah terlibat, dan UD Trucks akan terus memperkuat komitmen ‘Going the Extra Mile’ dengan memperhatikan faktor-faktor utama yang mendukung kelancaran industri truk di Indonesia. [dp/MTH]