Pertamina Mulai Operasikan Pertashop di Ciamis


CIAMIS (DP) – PT Pertamina (Persero) resmi mengoperasikan layanan Pertashop di Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Ciamis, Jawa Barat. Hal ini dilakukan untuk terus memberikan akses kemudahan bagi masyarakat setempat memperoleh bahan bakar Pertamina.

Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, meninjau langsung pengoperasian Pertashop yang hanya memasarkan BBM jenis Pertalite, Kamis (27/2) lalu.

Peninjauan ditandai dengan pengisian secara simbolis Pertalite kepada konsumen, dimana di Pertashop Pamarican, harga Pertalite dijual Rp 8.750 per liter.

Program ini sekaligus menjadi bagian dari pemberdayaan ekonomi sejumlah daerah terpencil. Pertashop hadir bersama layanan BUMN lain dalam BUMN Shop dengan menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Nicke mengatakan Pertashop adalah sebuah layanan yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap layanan One Stop Pertamina Product yaitu BBM, LPG dan Pelumas Pertamina.

“Saat ini di wilayah Priangan Timur sudah ada enam unit BUMDes yang menyediakan layanan Pertashop. tiga diantaranya sudah beroperasi dan sisanya masih dalam finalisasi,” jelas Nicke dalam siaran resminya.

Baca juga:  Rayakan HUT ke-4, IMEC Cirebon Gelar Family Gathering

Di Priangan Timur, kecuali Garut, Pertashop hadir di BUMDes Pandawa Kab.Tasikmalaya, BUMDes Sari Mandiri Kab.Ciamis, BUMDes Mukti Sari Pamarican Kab.Ciamis, BUMDes Mulia Kab.Ciamis, BUMdes Rancapaku Kab.Tasikmalaya dan BUMDes Nanjung Jaya Kab.Tasikmalaya.

Dengan demikian total Pertashop yang sudah beroperasi di Jawa Barat sebanyak 15 unit, dengan beragam status mulai dari yang sedang persiapan hingga sudah beroperasi. Delapan diantaranya ada di Sukabumi, satu di Garut, tiga di Tasikmalaya dan tiga lainnya di Ciamis.

“Dengan adanya Pertashop ini, diharapkan masyarakat Pamarican bisa makin mudah mendapatkan layanan Pertamina. Baik itu BBM, LPG, maupun Pelumas, sekaligus menumbuhkan perekonomian daerah karena usaha ini dikelola langsung oleh masyarakat,” pungkas Nicke. [dp/MTH]