Toyota GR Supra GT4 Buat Pebalap Privateer


GENEVA (DP) – Toyota terus menggarap sejumlah proyek model berperforma tinggi untuk menjaring lebih banyak konsumen belia. Proyek terbaru Toyota adalah konsep mobil balap Supra GT4.

Memang benar, model balap ini berbasiskan Toyota Supra model anyar yang diperkenalkan pada Januari lalu di ajang Detroit Motor Show. Nah, untuk Supra GT4, Toyota akan memamerkannya di Geneva Motor Show 2019.

Meski masih sebatas konsep, tapi sebenarnya model ini sudah bisa diaplikasikan pada Supra 2020, karena secara desain tak banyak berbeda, kecuali hanya penambahan body kit ala balap.

Toyota GR Supra GT4 Concept sendiri, sesuai namanya, sebenarnya bukan hal baru bagi pecinta kecepatan, karena prototipe mobil balap Supra sudah terlihat wira wiri di Nürburgring Nordschleife. Bedanya hanyalah livery balap yang sekarang ini lebih terlihat, ketimbang prototipe yang dijajal di sirkuit legendaris tersebut yang masih berbalut penutup untuk kamuflase.

Baca juga:  Tampil Makin Fresh, New Sigra Naik Rp1,5 juta

Toyota Gazoo Racing menyebut GR Supra GT4 Concept mengambil basis GR Supra versi jalan raya dan dikembangkan oleh Toyota Motorsport GmbH dengan tujuan mengeksplorasi peluang GR Supra untuk digunakan konsumen balap di ajang balap privateer, yaitu para pebalap tanpa tim yang berlaga dengan kocek sendiri.

Selain itu, GR Supra GT4 Concept secara khusus didesain untuk berlaga di kelas balap GT4, salah satu kategori balap dengan perkembangan tercepat di dunia, yang meliputi ajang skala nasional dan regional di Eropa, Amerika Utara, Asia, dan Oseania.

Seri populer di ajang tersebut adalah GT4 European Series, IMSA Michelin Pilot Challenge, dan Blancpain GT World Challenge Asia.

Dibandingkan versi produksi, GR Supra GT4 lebih ringan bobotnya, meski Toyota belum menguak spesifikasinya secara detail. Model ini juga dibekali suspensi dan rem khusus balap, plus aero kit balap, seperti splitter depan dan sayap belakang berukuran besar dan beberapa komponen balap lainnya.

Baca juga:  Auto2000 Janjikan Program Penjualan 'Asyik' Untuk New Calya

Tak berhenti di situ, GR Supra GT4 juga dilengkapi roll cage, jok balap dan peranti keselamatan lain khusus balap.

Rencananya Supra GT4 akan terjun di ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Endurance Race di kelas SP8T tahun ini. Untuk 2020, Toyota mengembangkan lagi model balap Supra yang akan berlaga di Super GT series Jepang di kelas GT500.

Toyota menegaskan mereka akan terus mengeksplorasi dan memperluas keterlibatan Supra di berbagai ajang balap internasional. [dp/TGH]