Porsche Macan Next-Gen tak Lagi Bisa ‘Mengaum’


INGOLSTADT (DP) – Di segmen SUV premium, nama Porsche Macan menyeruak sebagai salah satu model terlaris dan terpopuler. Ke depan, Porsche akan melahirkan Macan generasi kedua, tapi tak lagi meminum bensin, melainkan bertenaga listrik.

Rencananya, Macan listrik akan diluncurkan pada 2021. Tapi bagi penggemar mobil bermesin konvensional tak perlu gusar, karena produsen mobil mewah Jerman ini masih akan memasarkan Macan bensin bersamaan dengan versi listriknya untuk waktu yang belum bisa ditentukan.

Hal itu dibenarkan oleh juru bicara Porsche kepada Autocar, yang menyebutkan bahwa Macan bermesin bensin tetap akan diproduksi bersamaan dengan Macan EV di Leipzig.

Namun sang jubir tersebut tak bisa memastikan sampai kapan Macan bermesin konvensional itu akan diproduksi dan dipasarkan.

“Yang jelas akan ada masa transisinya sebelum hanya memasarkan Macan listrik. Tapi waktunya belum ditentukan,” ucapnya.

Keputusan untuk memperpanjang siklus hidup Macan bensin akan didasarkan pada kondisi pasar di sejumlah negara yang belum siap menyambut perubahan tiba-tiba dari mesin bensin menjadi listrik murni. Apalagi Macan mencatat penjualan apik saat ini.

Baca juga:  'Siaga Satu' Pertamina di Hari Libur Natal dan Tahun Baru

“Tapi perubahan strategi untuk menyiapkan Macan EV adalah untuk mengantisipasi tren yang ada di sejumlah negara. Tapi minimnya infrastruktur dan kendala lain, membuat Macan EV belum siap diluncurkan di beberapa pasar yang memiliki keterbatasan tadi,” kata Porsche.

Hanya saja, Porsche akan terus memonitor kondisi pasar, dan akan langsung bereaksi bila pasar memang sudah siap menerima Macan EV.

Untuk saat ini, Porsche Macan bensin masih akan menggunakan platform MLB yang dikembangkan oleh Audi. Sedangkan untuk Macan EV akan menggunakan arsitektur anyar PPE (Premium Platform Electric), yang dikembangkan bersama antara Audi dan Porsche.

Untuk menghindari perbedaan tampilan antara kedua model Macan untuk vermain di segmen yang sama, maka Porsche berencana menerapkan desain eksterior dan interior yang sama pada Macan bensin dan listrik.

Macan listrik dijadwalkan meluncur pada 2021sebagai model listrik ketiga milik Porsche setelah Taycan dan Taycan Sport Turismo. [dp/TGH]