Daihatsu Buka-bukaan Performa Ayla Turbo


JAKARTA (DP) – Penampilan perdana di dunia Daihatsu Ayla Turbo di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun lalu, memang memunculkan pertanyaan besar bagi publik, khususnya awak media, yaitu akankah produk ini bakal diproduksi atau tidak?

Berbasiskan Ayla tipe R bertransmisi manual dengan mesin 1.200 cc, kehadiran varian turbo dari LCGC yang dibidani PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini pun menyita perhatian para pecinta kecepatan dikarenakan tenaganya melonjak drastis hingga 200 PS!

“Sebagai ajang pembuktian kemampuan Research & Development ADM, maka mobil konsep Ayla Turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan dan penggemar modifikasi bahwa mobil Daihatsu bisa memenuhi hasrat modifikasi yang maksimal,” ujar Pradipto Sugondo, R&D Executive Officer ADM, di sela-sela buka tuntas performa Ayla Turbo di R&D Center, Karawang, Rabu (6/3).

“Ayla Turbo adalah salah satu cara Daihatsu menunjukkan kepada pengguna Ayla bahwa mobil ini bisa dimodifikasi mesinnya. Kalau di tempat lain PS-nya (tenaganya) tidak sampai 200, ini bisa dimodifikasi sampai 200 PS lho,” kata Marketing Director ADM, Amelia Tjandra, di tempat yang sama.

Baca juga:  Builder Banjarmasin Unjuk Ide Modifikasi di ajang DDC 2019

Dalam pemaparannya, Design Engineering Division Research and Develoment Directorate ADM, Soni Satriya, mengatakan modifikasi konsep Ayla Turbo ini memiliki perubahan yang signifikan.

“Yaitu pada mesin, transmisi, exhaust system, bodi mobil, suspensi, roda, dan yang utama adalah penyematan komponen turbocharger, sehingga mobil konsep Ayla Turbo ini layak uji di sirkuit, sesuai standar regulasi yang ditetapkan Ikatan Motor Indonesia,” ucapnya.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 197,2 hp dengan torsi 242 Nm. Sementara akselerasi dari diam hingga mencapai 100 km/jam dibutuhkan waktu 10,3 detik, lebih cepat dua detik dari versi standarnya (12,6 detik).

Sony menambahkan agar bobotnya makin ringan, kaca samping diganti bahan serat kaca. Begitu pun dengan sektor kaki-kaki yang menyematkan velg aluminium berdiameter 15 inci, dibalut ban Achilles 195/50 depan belakang.

“Sistem pengereman kami ganti total, di depan cakram kaliper AP Racing empat piston, dan belakang satu piston. Seluruh cakram berventilasi agar cepat membuang hawa panas yang ditimbulkan.

Baca juga:  Kasih Ibu Berbuah Hadiah ke Jepang Untuk Wanita Asal Kalimantan ini

Agar aura sport makin muncul, suspens diganti coil over khusus balap. Pada kabin, layaknya mobil-mobil yang berlaga di ajang ISSOM hanya tersedia dua jok balap dan pengamanan pipa menyelimuti interiornya.

Sony menyebut bahwa total biaya modifikasi Ayla Turbo ini mencapai Rp500 jutaan. Biaya tersebut sudah meliputi semua perubahan, dan biaya terbesar untuk riset serta pembuatan bodi.

“Body kit untuk Ayla ini kita bikin layaknya membuat mobil baru, dan itu butuh biaya Rp250 jutaan. Begitu pun dengan catnya, enggak bisa sembarangan, harus berapa kali proses, biayanya Rp90 jutaan,” ujarnya.

Usai pemaparan, satu persatu jurnalis yang hadir diberikan kesempatan untuk menjajal Ayla Turbo di area Test Course. Bagaimana rasanya berada berada di dalam kabin mobil seharga dua Mitsubishi Xpander Sport MT ini? Tunggu artikel berikutnya. [dp/MTH]