FIFGroup Bantu Modal Usaha UMKM di Jakarta Selatan


JAKARTA (DP) – Modal menjadi salah satu faktor utama tumbuhnya bisnis para pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Dengan modal yang cukup, usaha mereka makin berkembang.

Atas dasar inilah, PT Federal International Finance (FIFGroup) menyediakan bantuan berupa dana bergulir dan pelatihan literasi keuangan kepada para pengusaha UMKM.

Bagi FIFGroup, dengan program yang bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan UMKM dalam bidang usaha masing-masing bagi mereka yang kesulitan modal dengan memberikan bantuan pinjaman tanpa bunga.

Istimewanya lagi, pengembalian dananya akan dimanfaatkan kembali oleh UMKM berikutnya dengan pola yang sama, sehingga kedisiplinan pengembalian sangatlah diutamakan.

Kegiatan yang telah berlangsung sejak 2015 kini mencatatkan jumlah penerima sebanyak 195 UMKM. Para pelaku UMKM itu sebagian besar berasal dari usaha bidang kuliner, kerajinan tangan dan di bidang jasa.

Kali ini, perusahaan pembiayaan sepeda motor Honda, elektronik dan lain-lain ini memberikan bantuan dana bergulir dan pelatihan literasi keuangan kepada 150 orang pelaku UMKM, guru dan pelajar, di Kantor Camat Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (8/3) lalu.

Baca juga:  Cara FIFGROUP Berbagi Kepada Konsumen di Usia Ke-29 Tahun

Hugeng Gozali, Direktur Keuangan FIFGroup mengatakan program kepedulian sosial ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, kompetensi dan produktivitas para UMKM serta daya saing mereka kita harapkan mampu mandiri dan bersaing di pasar lokal dan nantinya bisa masuk ke pasar internasional yang sangat ketat.

FIFGroup melalui CSR FIFGROUP PEDULI ini telah memberikan bantuan modal Rp 399.800 juta dan setelah bergulir dirasakan manfaatnya oleh 195 UMKM. Nilai manfaat periode 2015 – 2019 sebesar Rp 529.800 juta.

“Diharapkan adanya kegiatan pelatihan literasi keuangan dan dana bergulir akan membawa manfaat bagi masa depan UMKM, serta kehadiran FIFGroup dapat dirasakan bagi masyarakat sekitar,” pungkas Hugeng.

Bantuan diserahkan langsung oleh Hugeng Gozali kepada Sjamsul Idris, Camat Kecamatan Cilandak, untuk kemudian diserahkan kepada para UMKM, yang disaksikan oleh Sondang Martha Samosir, Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK. [dp/MTH]