Mengenal Ban ‘Ajaib’ Selfseal dari Michelin


PARIS (DP) – Ban menjadi salah satu komponen penting bagi kelancaran laju kendaraan. Karet bundar ini pula yang ‘menopang’ nyawa pengemudi dan penumpangnya selama berkendara.

Untuk itu, berbagai teknologi telah diterapkan dalam pengembangan ban oleh berbagai pabrikan ban. Semua itu demi menjaga keselamatan pengendara tanpa mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Jika BMW dikenal sebagai pelopor dalam menggunakan ban jenis run flat tire, yaitu ban yang masih dapat dipakai untuk melaju hingga kecepatan tertentu meski dalam keadaan tanpa udara alias kempes. Kini Ford Explorer menjadi SUV pertama di dunia yang menggunakan ban canggih yang dijuluki Selfseal.

Sesuai namanya, maka ban bikinan Michelin ini mampu ‘menyembuhkan’ sendiri ketika mengalami kebocoran akibat tertusuk paku atau benda tajam lainnya. Michelin mengatakan ban Selfseal dilapisi dengan sealant, yang dirancang untuk mengisi lubang akibat tertusuk benda tajam hingga diameter seperempat inci (6,35 cm).

Baca juga:  Datsun GO-live Resmi Diluncurkan, Bisa Pre-Booking Sekarang

Lapisan penambal ini mampu mengurangi kehilangan tekanan udara menjadi kurang dari 1,02 atmosfer setiap pekan. Dengan begitu, pengemudi tak perlu cemas untuk melanjutkan perjalanan hingga ke tempat tujuan meski ban sudah diketahui tertusuk benda tajam.

“Tak perlu cemas liburan keluarga terganggu akibat ban kempes,” ujar Wheel and Tire engineer Ford, Joseph Billman.

Sedangkan Explorer Marketing Manager, Craig Patterson, menambahkan bahwa all-new Explorer model 2020 dirancang untuk membantu konsumen merasa aman tanpa cemas selama perjalanan.

Untuk Michelin Selfseal yang disematkan pada Ford Explorer berukuran 255/55 R20. Ban ini merupakan perlengkapan standar untuk Explorer tipe Platinum dan Limited Hybrid four-wheel drive, dan opsional untuk tipe Limited berpenggerak roda dua dan empat roda. Tapi meski sudah dilengkapi ban canggih, Explorer tetap mengusung ban serep seperti umumnya. [dp/TGH]