Mitsubishi-Nissan Kian Mesra, Bakal Rilis Mobil Kembar Imut


TOKYO (DP) – Setelah berkomitmen untuk kian memperkuat jalinan aliansi antara Renault Nissan dan Mitsubishi, dua merek yang disebut terakhir sudah mulai melaksanakan kemitraan itu untuk bersama-sama membangun mobil imut alias kei car untuk pasar Jepang.

Dua pabrikan asal Jepang yang tergabung dalam aliansi besar tersebut, yakni Nissan dan Mitsubishi, mengumumkan kesepakatan itu pada pekan ini untuk memulai proses produksi sedikitnya empat model kei car kembar untuk pasar domestik.

Keempat model itu meliputi Nissan Dayz, Nissan Dayz Highway Star, Mitsubishi eK wagon dan Mitsubishi eK X, dan keempat model itu semuanya akan diproduksi di pabrik milik Mitsubishi di Kurashiki, Jepang. Pembangunan empat model kei car beda merek itu berada di bawah kendali perusahaan patungan yang dibentuk Nissan dan Mitsubishi dengan nama NMKV.

Kolaborasi membangun mobil imut ini kecil kemungkinannya diterapkan di negara lain. Di Jepang, kei car termasuk dalam kategori mobil penumpang dengan dimensi terkecil, yakni berkapasitas mesin 600cc.

Baca juga:  Toyota Rush dan Avanza Bakal Cicipi Pasar India?

Model-model kendaraan mungil model terbaru itu hadir setelah enam tahun generasi pertamanya diperkenalkan. Untuk keempat model versi anyar itu akan mengalami sejumlah sentuhan, termasuk peningkatan performa, penggunaan platform, mesin dan transmisi baru.

Tak hanya mengadopsi desain anyar, keempat kei car itu juga untuk pertama kalinya memiliki kemampuan pengemudian semi-otonom, berkat penggunaan sejumlah teknologi terkini, yang memungkinkan kendaraan mengemudi sendiri saat melintasi jalan dengan satu lajur atau di jalan bebas hambatan.

Meski diproduksi di pabrik yang sama, kedua pabrikan mengatakan bahwa meski menggunakan sejumlah komponen inti yang sama, tapi beberapa fitur masih mempertahankan beberapa fitur yang dimiliki masing-masing merek.

Nissan dan Mitsubishi mengatakan model-model baru itu akan mulai dipasarkan di Negeri Sakura akhir bulan ini. Untuk harganya belum diumumkan. [dp/TGH]