Februari 2019 New Avanza-Veloz Lebih Laris dari Xpander


JAKARTA (DP) –  Toyota Avanza – Veloz pada Februari lalu, membukukan surat pemesanan kendaraan (SPK) mencapai 5.700 unit. Penjualan ini mengalahkan rival terdekatnya, Mitsubishi Xpander yang hanya menjaring SPK sebanyak 5.532 unit. Memang selisihnya cukup tipis, tetapi perbedaan ini membuat Toyota Astra Motor (TAM) pede dengan tampilan baru Avanza – Veloz.

Toyota New Avanza dan Veloz, diluncurkan pada pertengahan Januari lalu, hingga saat ini sudah tembus di angka 18 unit. Dari jumlah tersebut, sebanyak 11.268 unit sudah dikirim ke dealer (wholesales) per Febuari 2019, dengan rincian, Januari 5.568 unit dan Februari 5.700 unit.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Franciscus Soerjopranoto, mengatakan konsumen loyal Toyota cukup puas dengan berbagai perubahan yang dilakukan pada  New Avanza dan Veloz. “Kepuasan itu bisa dibuktikan dengan banyaknya SPK. “Kami akan berusaha melayani permintaan konsumen secara maksimal, sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama unit yang sudah dipesan,” katanya di Jakarta, Kamis (14/3).

Baca juga:  Pirelli Diablo Rosso Corsa II Terbukti Tangguh di Kejurnas Pirelli Motoprix 2019 Region B Putaran 1

Menurut Soerjo, tingginya permintaan New Avanza dan Veloz membuat ‘mobil sejuta umat’ ini mengalahkan penjualan Mitsubishi Xpander pada Februari lalu. Data Gaikindo menyebutkan,  penjualan Xpander pada Februari lalu tercatat sebanyak 5.532 unit

Sejak diluncurkan pada akhir 2013 dan resmi dipasarkan Januari 2014, total pnjualan Avanza-Veloz mencapai 1,7 juta unit. Hasil ini tidak hanya mendudukkan mobil ini sebagai kendaraan terlaris di pasar mobil nasional, tetapi juga menjadi meobil tercepat yang mencetak penjualan 1 juta unit.

Avanza dan kembarannya, Xenia, memang didesain sebagai kendaraan keluarga, sekali pun sudah mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun. Kelahiran mobil kembar ini didahului dengan survei guna mengetahui karakter sosiologis dan mobilitas keluarga Indonesia serta kondisi infrastruktur atau jalanan di berbagai daerah Indonesia. 

DNA tersebut tetap melekat di New Avanza dan New Veloz, yang kini hadir memenuhi ekspektasi pelanggan akan sebuah MPV yang makin nyaman, aman, modern dan tangguh. Selain perbaikan pada kaki-kaki dan rangka, sejumlah perubahan yang dilakukan Toyota membuat tingkat kekedapan suara New Avanza dan New Veloz lebih baik dibanding pendahulunya. 

Avanza-Veloz facelift,  menurut Soerjo, kini tampil lebih modern, mewah, dan sporty seperti yang diharapkan konsumen. Ada juga fitur smart entry, head unit dengan teknologi touchscreen, dan semua varian Avanza dan Veloz kini menggunakan consul box yang dilengkapi illumination lamp, power outlet, dan USB port.

Baca juga:  Mitsubishi Xpander Bakal Punya 'Saudara' SUV, Siapa akan Dilawan?

Semua varian menggunakan sistem audio dengan enam speaker. Selain itu, untuk semua varian Veloz dan Avanza G, head unit, security system back sensor dan outer mirror telah menggunakan sistem terpadu.

Technical Service Division PT TAM, Didi Ahadi, menjelaskan New Toyota Avanza dan Veloz sudah lebih disempurnakan, terutama pada kaki-kaki. Setidaknya ada tiga bagian penting pada kaki-kaki yang berbeda dengan dengan versi  sebelumnya.

Pertama, kata Didi, shock absorber depan dan belakang yang sekarang lebih solid. begitu juga coil spring-nya yang memiliki daya puntir lebih kecil dibanding model lama. Lalu ketiga bushing yang lebih rigid. Dengan berbagai ubahan tersebut, membuat mobil tidak ajrut-ajrutan saat melaju dalam kecepatan tertentu dan gejala bodyroll sudah berkurang.

Dibanding versi sebelumnya, New Avanza dan New Veloz,  lebih senyap, karena menggunakan bahan floor silencer yang lebih berkualitas baik pada bagian depan maupun belakang. Tingkat kesenyapannya semakin berkualitas karena didukung desain penempatan pipa buangan yang lebih baik dibandingkan pendahulunya dan juga penggunaan ban ukuran 15.

Baca juga:  Toyota New Camry Karya Tuner Jepang Ini Mirip Mobil Sport

Perubahan-perubahan inilah yang menurut Soerjo menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memilih New Avanza atau Veloz dibanding MPV lainnya. Anda juga tertarik [DP/Gtm]