Layanan Purna Jual Jadi Penyanggah Bisnis Auto2000


MALANG (DP) – Bisnis di industri otomotif memang akan terus bergelimang pundi-pundi keuntungan, terlebih bila sektor itu berkaitan dengan erat dengan layanan purna jual atau after sales yang tersedia di bengkel resmi mobil.

Karena itulah, pola ini tengah dilaksanakan di seluruh cabang Auto2000 yang berada di wilayah Jawa Timur. Total yang didapat dari jasa perawatan berkala, perbaikan dan suku cadang cukup menggiurkan.

“Layanan after sales menjadi penompang baru bisnis di cabang Auto2000 area Jawa Timur. Pendapatan yang diraih hingga Rp 37 miliar per bulan, yang didapat dari 23 cabang di sini,” sebut Service Head Auto2000 HR Muhammad, Andreas Totok Sugianto, di sela kegiatan Auto2000 Jawa Timur Regoin Exploration, Selasa (19/3).

Dia mengaku dalam pencapaian ini, Auto2000 HR Muhammad terus berkontribusi positif di skala area Jatim. Prestasi rangking pertama dan kedua terus diraihnya sepanjang tahun.

Baca juga:  Program Pembelian 'Tampil Beda' Digelontorkan Auto2000

“Total pendapatan per bulan untuk sektor itu (after sales) berkisar antara Rp 3,2 miliar sampat Rp 3,4 miliar, sementara sumbangan dari penjualan suku cadang di raih Rp 1,8 miliar,” kata Totok.

Totok menambahkan bahwa jenis suku cadang yang paling banyak berkontribusi dihasilkan dari komponen fast moving, seperti oli dan filter. Menurutnya, seluruh pendapatan di sektor itu berkontribusi sekitar 10% untuk Auto2000 HR Muhammad.

Totok beranggapan bahwa setiap cabang tidak selama mengandalkan penjualan unit setiap bulannya, terlebih saat ini prosesi jelang pemilihan Presiden RI tengah terjadi. Kondisi ini cukup membuat pasar sedikit bergejolak, yang membuat konsumen lebih memilih untuk menahan.

“(Pendapatan) Layanan after sales, yakni bagaimana sektor ini bisa membiayai operasional cabang, sehingga pada saat penjualan turun, bisnis masih aman,” tuturnya.

Totok mengklaim di cabang Auto2000 HR Muhammad, pemasukan non-penjualan unit sudah mampu menyanggah biaya operasional dealer. Termasuk untuk menggaji para salesman.

Baca juga:  AHASS Jakarta dan Tangerang Serap 250 Lulusan SMK Binaan

Dengan melihat pentingnya layanan purna jual, seluruh cabang Auto2000 di Jatim memberi perhatian khusus terhadap hal itu. Itulah mengapa layanan purna jual Auto2000 di wilayah ini berhasil menjadi yang terbaik dalam tiga tahun berturut-turut.

“Di Auto2000 HR Muhammad, misalnya, layanan purna jual dibuat senyaman mungkin buat konsumen. Mereka yang menyervis kendaraannya diberi panduan khusus untuk kepastian waktu servis dan lain sebagainya,” jelas Totok.

Salah satu contohnya, pelanggan akan diberi tahu prakiraan waktu lamanya servis. Jika pengerjaannya melebihi waktu estimasi, pihak dealer akan memberi voucher sebagai bentuk ganti rugi.

“Ini untuk membangun prinsip 3-AS, yakni pas, tuntas, dan pantas. Di ruang tunggu, kami juga menyediakan menu makanan-minuman gratis, dan selalu berganti menunya tiap hari,” pungkas Totok. [dp/MTH]