Ini Dia eK X, Mitsubishi Xpander Versi Mungil


TOKYO (DP) – Bahasa desain anyar Mitsubishi beraura sporty seperti yang diterapkan pada Xpander dan beberapa model anyar lain, telah menjadi resep ampuh bagi pabrikan mobil asal Jepang itu untuk menarik perhatian konsumen dan mendulang penjualan.

Saat ini, model baru Mitsubishi yang mewarisi desain Xpander selain Delica D:5 dan New Strada, adalah mobil imut yang memiliki nama unik, yakni eK X (dibaca eK cross).

Sekilas, eK X lebih pas sebagai baby Xpander, yaitu selain tampang depan yang mirip, juga bagian pilar C, terutama bentuk kaca yang meruncing ke belakang.

Untuk fascia depan, kemiripan itu terpancar dari lampu pipih di sudut atas bonnet, kemudian lampu utama berukuran besar dan kotak di tengah bumper.

Mobil imut Mitsubishi berkapasitas mesin 660cc ini diumumkan kehadirannya pekan lalu bersamaan dengan pengumuman kemitraan Nissan dan Mitsubishi untuk melanjutkan produksi bersama Kei car.

Baca juga:  Awas...Toyota Mulai 'Usik' Nissan dan Honda di China

Sebagai model Kei car, yaitu mobil dengan kapasitas mesin kurang dari 1.000cc, tongkrongan eK X terkesan gagah dan kekar berkat desain sejumlah panelnya, terutama pada bagian wajah yang berbentuk kotak serta tarikan garis pada bodi di sisi samping.

Untuk bagian belakang, keberadaan lampu di atas pintu belakang, memberikan kesan eK X sebagai MPV, meski ukurannya lebih singset.

Melongok interiornya, eK X memiliki tempat duduk model bangku split dan dashboard melayang untuk memberikan ruang lapang bagi kaki. Untuk dashboard sendiri mengadopsi desain agak unik dengan bentuk menyerupai huruf U.

Sejauh ini Mitsubishi belum menguak spesifikasi eK X. Tapi yang jelas model ini masuk kategori kei car, dengan panjang tak lebih dari 3,4 meter, lebar 1,48 meter dan tinggi 2 meter. Daya tampung mibil ini hanya untuk 4 orang.

Sepertinya Mitsubishi bakal mencangkokkan mesin 660cc tiga silinder turbocharged, dengan tenaga mencapai 63 PS, yang merupakan batas kecepatan sesuai regulasi untuk kei car. [dp/TGH]