Perkenalkan Chris, Asisten Digital Bikin Anda Nyaman Saat Mengemudi


LONDON (DP) – Namanya singkat, yakni Chris. Tapi peranti ini memiliki fungsi penting dan sangat membantu ketika Anda mengemudi mobil. Ya, Chris adalah asisten digital baru yang siap membantu banyak hal seperti ketika Anda menggunakan handphone.

German Autolabs menyebut Chris diciptakan oleh perusahaan rintisan (startup) yang berbasis di Berlin, Jerman. Chris adalah asisten digital pertama di dunia yang dibekali kecerdasan buatan (AI) suara untuk pemakaian di dalam mobil.

Bagaimana cara menggunakannya?

Cukup katakan “Hey Chris” dan alat yang bisa ditempatkan di atas dashboard atau kaca depan ini bisa membantu Anda melakukan panggilan atau menerima telepon.

Chris juga bisa untuk mengirim pesan SMS atau WhatsApp. Tak hanya itu, Chris juga bisa menunjukkan arah dan destinasi yang ingin Anda tuju, selain juga dapat memainkan musik. Sepintas, cara kerja Chris mirip dengan Bixby atau Google Assistant.

Asyiknya, Chris bisa digunakan di mobil apa aja, tak peduli model atau tahun pembuatan, karena alat ini tidak terintegrasi dengan sistem di kendaraan, melainkan berbasis sistem operasi Android, dan untuk iOS baru tersedia akhir tahun ini.

Untuk tahap awal sekarang ini, Chris baru bisa dipakai oleh para pengguna Android, dan penggemar gadget buatan Apple harus bersabar hingga akhir 2019 mendatang.

Jika Anda pernah menggunakan Alexa Echo atau Google Home, mungkin Chris agak mirip cara kerjanya. Tapi bedanya, Chris juga bisa dioperasikan menggunakan gesture control atau gerakan, seperti untuk mencari lagu atau daftar kontak telepon.

Meski Chris dilengkapi speaker, tapi Anda bisa mendengarkan lagu atau berkomunikasi telepon melalui speaker mobil dengan menggunakan FM transmitter.

Untuk saat ini, Chris baru punya dua pilihan bahasa, yaitu Jerman dan Inggris. Tapi tenang, tim pengembang Chris akan menambahkan beberapa bahasa lain.

Mungkin Anda penasaran kenapa alat ini diberi nama Chris? Nama itu diambil dari St Christopher, sebuah patron santa yang menjaga keselamatan dalam perjalanan. Dengan nama singkat Chris, pihak perusahaan ingin nama ini mewakili dua gender: Chris bisa untuk Christopher bagi kaum Adam, atau Christine bagi kaum Hawa.

Bila Anda tertarik membeli Chris, Anda bisa mendapatkannya di situs jual beli online, Amazon, seharga £299 (Rp5,5 jutaan).

Jika benar Anda berniat memasang Chris di mobil Anda, pastikan smartphone Anda dilengkapi konektivitas Bluetooth, dan sistem operasinya minimal adalah Android 7.1.1 ‘Nougat’ atau yang lebih tinggi yakni ‘Oreo’.

Diperlukan soket 12V atau USB port, koneksi online agar fungsinya optimal. Dengan menggunakan Chris, konsentrasi Anda saat mengemudi tidak akan terganggu karena harus melihat pesan atau panggilan telepon yang masuk ke handphone Anda. [dp/TGH]