All New Honda Brio Diekspor ke Filipina dan Vietnam


KARAWANG (DP) – PT Honda Prospect Motor (HPM) merayakan ulang tahun ke 20 dengan menggelar seremoni produksi perdana All New Honda Brio untuk pasar ekspor ke Filipina dan Vietnam.

“Permintaan dari Filipina dan Vietnam untuk All New Brio stir kiri lumayan banyak. Hal ini mendorong kami melakukan ekspor ke negara tersebut,” kata President Direktur PT HPM, Takehiro Watanabe para acara ekspor perdana All New Honda Brio di Karawang, Selasa (26/3).

Untuk pasar ekspor, menurut Watanabe, telah dilakukan kegiatan pengiriman komponen mobil pertama kali melalui HPM sebagai distributor Honda sejak 1992 ke berbagai negara.

“Ekspor komponen telah dimulai beberapa tahun lalu ke Jepang, Thailand, Malaysia, India, Pakistan, Filipina, Vietnam, Brazil, Argentina, Meksiko, Taiwan. Volume dan nilai ekspor komponen mobil HPM terus meningkat hingga mencapai lebih dari 10.000 kontainer pada tahun lalu dengan nilai lebih dari Rp3 triliun,” papar dia.

Baca juga:  Begini Cara Honda Indonesia 'Kejar Setoran' Jelang Akhir Tahun

Pada 2009, setelah Honda Motor Co., Ltd dan PT Prospect Motor bergabung menjadi PT Honda Prospect Motor, lanjut Watanabe, dan mulai mengekspor mobil secara utuh atau Completely Built UP (CBU) dengan model Honda Freed ke Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam.

“Tahun ini, HPM memulai ekspor All New Brio. Indonesia adalah salah satu contoh ideal yang menggambarkan kebijakan produksi Honda, yakni melakukan produksi dimana terdapat permintaan dengan mengoptimalkan sumber daya lokal,” ujarnya.

Sedangkan Chief Operating Officer for Regional Ooerations Asia dan Oceania Honda Motor Co.,Ltd, Masayuki Igarashi menambahkan, Indonesia adalah pasar penting until bisnis Honda dan menjadi kontributor utama penjualan di Asia dan Oceania.

“Demi mewujudkan komitmen kami terhadap pasar Indonesia, kami telah meningkatkan investasi melalui berbagai fasilitas serta memproduksi beberapa model khusus untuk konsumen di Indonesia,” pungkasnya. [dp/PNB]