Benar Saja, MPV Lexus Nyaris Kembar Identik dengan Toyota Alphard


SHANGHAI (DP) – Ketika banyak produsen mobil dunia fokus pada model crossover dan SUV, Lexus malah masuk ke segmen MPV mewah. Tapi Lexus sepertinya tak mau repot membangun kendaraan tersebut, melainkan meminjam dari Toyota.

Sebagai induk, Toyota jelas tak keberatan dengan langkah Lexus tersebut, yakni dengan menyodorkan Alphard sebagai basis untuk dikembangkan sebagai MPV Lexus. Apalagi Lexus saat ini belum masuk ke segmen MPV, sementara para rivalnya seperti VW dan Mercedes-Benz sudah berkiprah di kategori people carrier ini.

Hal itu sesuai dengan dugaan sebelumnya bahwa MPV Lexus itu akan kembar dengan Alphard setelah Lexus kembali merilis gambar teaser yang menampakkan siluet model anyar itu dari samping. Sebelumnya, Lexus menampilkan gambar teaser yang menonjolkan bagian, terutama gril dan lampu utamanya.

Sedangkan untuk nama, MPV anyar Lexus itu akan diberi nama LM, juga sesuai dengan bocoran yang beredar belakangan ini. Rencananya, Lexus LM akan dipamerkan di Shanghai Auto Show medio bulan ini.

Baca juga:  Tes MotoGP Jerez: Petrucci Tercepat. Rossi Didera Masalah Teknis

Untuk Lexus LM akan berbasiskan Toyota Alphard generasi ketiga. Dari gambar teaser tersebut, terlihat jelas bahwa LM nyaris identik dengan Alphard, seperti bentuk jendela depan, jendela samping dan belakang yang mengesankan atapnya melayang.

Sedangkan bagian depannya sesuai gambar teaser yang beredar di media sosial, aura Lexus langsung terbaca dari desain spindle grille berukuran ekstra besar yang diapit lampu utama berbentuk persegi yang terintegrasi dengan LED daytime running light.

Toyota Alphard model terbaru ditawarkan dengan beberapa pilihan mesin, termasuk hybrid, yang kemungkinan besar juga ditawarkan untuk Lexus LM. Hal itu terbukti dari trademark yang didaftarkan Lexus sebelumnya, yakni LM 350 dan LM 300h.

Untuk Toyota Alphard sebenarnya sudah sangat mewah di kelasnya, yang menawarkan kenyamanan dan kesenyapan kabin bagi 8 penumpangnya. Dan untuk Lexus LM, diyakini akan bertambah mewah dan nyaman, karena Lexus sudah kesohor dengan keahliannya meningkatkan kualitas material dan kualitas pengendalian untuk sejumlah model Toyota yang menjadi basis kendaraan bermerek Lexus, seperti Toyota Harrier yang disulap menjadi Lexus RX, Land Cruiser menjadi Lexus LX dan lainnya.

Baca juga:  Warna Eksklusif New Vario Series

Besar kemungkinan Lexus LM hanya akan dipasarkan ke beberapa wilayah saja, terutama di pasar Asia dan Asia Tenggara, seperti Taiwan, China, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Jika Anda penasaran, simak gelaran Shanghai Auto Show 2019 yang dibuka pada 16 April, karena Lexus LM akan debut di sana. [dp/TGH]