Saatnya UKM Komponen Otomotif Lokal Tampil di Kancah Asia


JAKARTA (DP) – Besarnya pasar otomotif Indonesia menjadi peluang besar bagi pelaku industri komponen di level koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk meningkatkan kapasitas mereka agar industri otomotif Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM Victoria Simanungkalit di Jakarta awal pekan ini, memproyeksikan bisnis komponen otomotif di Indonesia memiliki masa depan yang menjanjikan.

“Oleh karena itu, kami memberi ruang bagi pelaku koperasi dan UKM khususnya yang bergerak di bidang komponen otomotif supaya memanfaatkan peluang tersebut,” katanya.

Berdasarkan data Federasi Otomotif ASEAN (AAF), Indonesia memimpin pasar sekaligus sebagai negara dengan angka penjualan mobil terbesar di ASEAN.

Pada 2017, penjualan mobil secara nasional 1,079 juta unit, meningkat menjadi 1,151 juta unit pada 2018.

Produksi mobil di Indonesia pada 2018 berada di peringkat kedua dengan angka 1,216 juta unit, atau tumbuh 3 persen dibandingkan capaian tahun sebelumnya 1,177 juta unit. Indonesia juga menduduki peringkat kedua terbesar industri manufaktur mobil se-Asia Tenggara setelah Thailand.

Baca juga:  Pertumbuhan industri Otomotif di Surabaya Makin Nyata

Ia mengatakan pengembangan UKM komponen otomotif sangat penting dan strategis untuk mendorong pembangunan otomotif nasional pada satu sisi dan pada sisi lain sekaligus melibatkan partisipasi aktif bisnis KUKM dalam proses pembangunan industri otomotif nasional.

“Saya katakan penting karena industri otomotif Indonesia merupakan salah satu pilar penting daman perekonomian nasional, di mana permintaan produk otomotif di dalam negeri sangat besar dan diperkirakan akan terus berkembang sejalan dengan pertumbuhan populasi penduduk dan kemajuan ekonomi masyarakat,” kata Victoria.

Meski menempati urutan tetatas dalam hal penjualan dan produksi mobil, di sisi lain kebutuhan komponen otomotif mobil Indonesia sebagian besar masih dipasok melalui pengusaha KUKM negara lain. Hal itu terjadi karena mutu produk UKM dalam negeri dinilai kurang memenuhi standar yang dibutuhkan.

“Besarnya impor komponen otomotif yang mencapai 80 persen membuat neraca perdagangan Indonesia menjadi minus. Kondisi ini juga menunjukkan pasar komponen masih dikuasai prinsipal utama dari luar Indonesia,” ungkap Victoria. Untuk itu, Victoria mengharapkan supaya pengembangan UKM komponen otomotif perkampungan industri kecil Pulo Gadung dapat diwujudkan dalam rangka pengembangan industri otomotif Indonesia berkelanjutan. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan langkah-langkah nyata yang melibatkan stakeholders terkait.

Baca juga:  Ninja 250 SL Bakal Dibubuhi Warna dan Grafis Baru

“Dengan demikian menghadapi persaingan pasar global yang semakin tajam dewasa ini, komponen otomotif koperasi dan UKM kita mampu menghasilkan berbagai produk komponen otomotif yang mengungguli produk kompetitor kita dari negara pesaing baik dalam hal mutu, produktivitas, maupun harga produk melalui penerapan teknologi inovatif, peningkatan SDM berkualitas, serta manajemen bisnis secara profesional,” katanya.

Dalam upaya meningkatkan daya saing KUKM lokal, Kemenkop dan UKM bekerja sama dengan Institut Otomotif Indonesia (IOI) serta pemerintah daerah mengadakan program pengembangan daya saing dan kemitraan KUKM Indonesia dengan pihak terkait. Program ini mempunyai dua sasaran utama. Pertama, dari sisi pengembangan SDM yang meliputi pemahaman teknis bisnis otomotif, budaya usaha atau industri yang sesuai dengan kebutuhan saat ini maupun yang akan datang, dan juga dari sisi networking. Kedua, dari sisi pengembangan organisasi KUKM memiliki sertifikat atau standar internasional agar bisa kompetitif.

Baca juga:  Dua Produk Triumph Bakal Meluncur di Event Ini

“IOI dengan para expert akan terus melakukan asistensi dan konsultasi ke KUKM dan secara periodik akan melakukan evaluasi bersama pemerintah,” ujar Presiden IOI, I Made Dana Tangkas. [dp/TGH]