Kenal Lebih Dekat dengan Calon Kakak Mitsubishi Xpander


SHANGHAI (DP) – Mitsubishi tak lama lagi akan memperkenalkan SUV e-Yi Concept di ajang Shanghai Motor Show 2019 setelah pada Maret lalu tampil di Geneva Motor Show.

Mitsubishi e-Yi sepertinya akan mengusung nama Engelberg Tourer, seperti ketika dipamerkan di Geneva.

Layaknya Engelberg Tourer, konsep e-Yi ini juga sudah mengadopsi desain wajah Dynamic Shield, yang juga diterapkan pada sejumlah model terbaru Mitsubishi, mulai dari pickup Triton hingga model kei car.

Ada yang menarik dari konsep ini, yaitu munculnya pendaran cahaya warna biru di sela panel Dynamic Shield ketika kendaraan plug-in hybrid ini tengah di-charge baterainya atau saat menyalurkan daya listrik ke rumah. Perlu Anda tahu, e-Yi menyimpan daya listrik yang bisa ‘disumbangkan’ untuk mengaliri listrik ke rumah.

Dengan tampilan yang gagah dan kekar, e-Yi berada di kelas yang kini dihuni Mitsubishi Pajero Sport, yang notabene adalah kakak Xpander. Bedanya, e-Yi berada di segmen kendaraan listrik atau hybrid.

Baca juga:  Upaya Mitsubishi Bikin Konsumen Nyaman Selama di Kabin

Kesan kuat terpancar jelas dari tongkrongannya yang tinggi dan lebar berkat desain fendernya dan penggunaan roda yang besar, ditambah desain bagian belakang yang heksagonal memberikan kesan SUV ini stabil.

Jika Engelberg Tourer yang dipajang di Geneva berkelir lebih lembut, e-Yi dilabur cat warna Satin Dark Grey, alias lebih gelap.

Melongok ke kabinnya, e-Yi mengadopsi desain bersih untuk dashboard-nya dengan mengusung tema Horizontal Axis ala Mitsubishi, yang menawarkan pandangan luas ke depan dan kesan lega pada kabin.

Pada klaster instrumen terdapat layar LCD 12,3 inci dan juga ada layar berukuran sama di tengah dashboard.

SUV dengan tiga baris tempat duduk ini menggendong sistem plug-in hybrid hasil pengembangan dari sistem yang dipakai Outlander PHEV.

Untuk detail kapasitas baterai pada e-Yi belum diungkap, tapi bila mengacu pada Engelberg adalah baterai lithium-ion berkapasitas 20 kWh yang ditempatkan di bawah lantai di bagian tengah, dan didukung dua unit motor masing-masing di depan dan belakang. Untuk dapur pacunya menggunakan mesin bensin 2.4 liter.

Baca juga:  Dibanderol Rp363,9 Juta, Hyundai Kona 'Menengok' Toyota C-HR

Pada mode hybrid, mesin ini bertindak sebagai generator atau pembangkit listrik dengan tingkat regenerasi tinggi. Meski kapasitas mesin cukup besar, tapi mesin ini lebih halus dan menawarkan efisiensi termal yang bagus serta irit bahan bakar.

Uniknya, e-Yi menggunakan gril radiator yang bisa dibuka tutup untuk mengurangi hambatan angin dan meningkatkan efisiensi. Jika menggunakan motor lustrik, SUV ini mampu menempuh jarak 70 km. Dan bila dipadukan dengan mesin konvensional dan tangki terisi penuh sanggup menjelajah hingga lebih dari 700 km.

Mitsubishi e-Yi Concept menggunakan Twin Motor full-time 4WD system dengan e-motors untuk menggerakkan keempat rodanya. Mitsubishi dalam keterangan resminya menyebut banyak hal yang terinspirasi dari Lancer Evolution dalam pengembangan e-Yi, termasuk fitur seperti Active Yaw Control dan Super All-Wheel Control (S-AWC).

Fitur canggih pada konsep ini antara lain Advanced Driver Assist System (ADAS), yang membantu pengemudi saat melaju di jalan bebas hambatan dalam mengoperasikan pedal gas, rem dan pengemudian.

Baca juga:  Menjajal 'Gurihnya' Saham Adira Finance

Sebagai kendaraan kekinian, e-Yi juga terkoneksi dengan smartphone pengemudi, serta menggunakan informasi dari beragam layanan, seperti cuaca, suhu, topografi, informasi lalu lintas dan kondisi jalan. Semua itu untuk memudahkan pengemudi memilih rute yang aman.

Belum tahu apakah pihak Mitsubishi Indonesia akan memboyong e-Yi ke ajang Indonesia International Motor Show 2019 mendatang. Kita lihat saja nanti. [dp/TGH]