Marquez Pole Position di MotoGP Amerika, Rossi Kedua


AUSTIN (DP) – Rivalitas antara Marc Marquez dan Valentino Rossi sepertinya akan berlanjut di Circuit of The Americas, Austin, dalam seri MotoGP Amerika setelah keduanya berbagi tempat terdepan dalam sesi kualifikasi, Minggu (14/4).

Saat kualifikasi MotoGP Amerika Serikat, Marquez berhasil meraih pole position, dibuntuti Rossi di urutan kedua dan Cal Crutchlow di posisi ketiga.

Sebelum sesi kualifikasi, Circuit of The Americas sempat basah setelah diguyur hujan sejak pagi. Hujan deras itu pula yang membuat panitia lomba harus membatalkan latihan bebas (FP) ketiga.

Setelah menunggu redanya hujan di dalam ketidakpastian cukup lama, akhirnya cuaca cerah yang diharapkan datang juga. Segera setelah itu panitia menggelar kualifikasi. Marquez yang sempat melorot penampilannya dalam FP1, mulai menunjukkab kecepatannya sehingga berhasil menjadi yang tercepat.

Dalam sesi kualifikasi, Marquez mengukir waktu tercepat 2 menit 3,787 detik, lebih cepat 0,273 detik dari Rossi yang menempel ketat di posisi kedua.

Baca juga:  Quartararo Raih Pole Position Keempat di MotoGP Thailand

Sementara itu, Crutchlow dengan LCR Honda mencatat waktu 2 menit 4,147 detik. Di belakang Crutchlow ada Jack Miller (Pramac Ducati) dan Pol Espargaro (Red Bull KTM) untuk melengkapi posisi lima besar.

Adapun posisi ke-6 hingga 10 berturut-turut adalah Maverick Vinales, Alex Rins, Danilo Petrucci, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli. Sedangkan rekan setim Marquez, Jorge Lorenzo, hanya mampu start dari posisi ke-11.

Pebalap papan atas lain yang juga kurang prima penampilannya adalah jagoan Ducati, Andrea Dovizioso, yang bahkan tak lolos dari Q1, sehingga mengharuskannya start dari urutan ke-13. [dp/TGH]