TRD dan Modellista Lomba Bikin Toyota RAV4 Ganteng ‘Luar Dalam’


TOKYO (DP) – Sepertinya janji Toyota untuk melahirkan versi sporty pada hampir semua model yang dimiliknya sudah terbukti. Beberapa model anyar Toyota kini sudah ada varian sporty hasil racikan divisi tuning dari raksasa otomotif Negeri Sakura ini.

Toyota Racing Development (TRD) adalah salah satu divisi tuning Toyota yang dikenal rajin mengembangkan body kit dan komponen penunjang performa. Proyek pertama TRD setelah janji yang diumbar Toyota melalui kicauan di Twitter awal tahun ini adalah Prius.

Setelah Prius, beberapa model lain menyusul, seperti pickup Tacoma dan sedan Camry. Kini giliran RAV4 yang dipermak menjadi lebih ganteng luar dan dalam.

‘Ganteng luar’ di sini maksudnya lebih bergaya off road alias cocok untuk menerjang lintasan di luar jalan bagus di perkotaan. Sedangkan ‘ganteng dalam’ jelas difokuskan untuk street styling, yakni untuk perkotaan dengan tampilan kebih kalem.

Baca juga:  Honda Genio Mulai Melenggang di Area Tangerang

Untuk varian anyar RAV4 ini, TRD merilis dua model, yaitu Street Monster dan Field Monster. Tapi racikan TRD pada SUV populer di Negeri Paman Sam ini mayoritas masih sebatas kosmetik.

Untuk varian Street Monster lebih fokus pada bodywork, yang menyulap RAV4 tampil lebih mewah dan sekilas mirip crossover Lexus.

Sedangkan Field Monster membuat tampilan RAV4 lebih agresif dan terkesan siap untuk melibas medan off-road, meski itu hanya sebatas kosmetik.

Dengan tampilan gagah seperti itu, RAV4 Field Monster hampir mirip sebagai miniatur dari TRD Pro 4Runner, model SUV bongsor Toyota di Amerika.

Nah, selain TRD, divisi tuning lainnya, yakni Toyota Modellista, juga mengembangkan body kit yang lebih mengesankan mewah. Layaknya TRD, lagi-lagi upgrade ini hanya untuk tampilan gaya, bukan penunjang performa.

Body kit lansiran Modellista ini terlihat lebih kalem ketimbang garapan TRD. Boleh dibilang, racikan Modellista lebih menyerupai Lexus.

Baca juga:  'Perang' MPV Antar APM, Honda Hadirkan Mobilio Anyar

Namun demikian, untuk varian bergaya off road milik Modellista yang dijuluki JAOS, berpenampilan lebih ekstrem dibandingkan jagoan TRD. [dp/TGH]