Marquez Crash, Rins Juara MotoGP Amerika, Rossi Runner-Up

Foto: MotoGP

AUSTIN (DP) – Kecelakaan yang dialami Marc Marquez di MotoGP Amerika Serikat, Minggu atau Senin WIB (15/4), memberikan kemenangan pertama bagi pebalap Suzuki, Alex Rins.

Tapi kemenangan Rins itu tak dirauh dengan mudah, karena ia harus berduel ketat dulu melawan Valentino Rossi, yang akhirnya menempatkan pebalap Yamaha itu di podium kedua.

Sebenarnya Marquez tampil trengginas sejak bendera start dikibarkan. Start dari posisi terdepan, si Baby Alien iru langsung melesat meninggalkan para rivalnya dan menjadi yang pertama memasuki tikungan pertama. Ia dibuntuti oleh Valentino Rossi, Cal Crutchlow, dan Jack Miller.

Memasuki lap ketiga, Marquez makin memperlebar jarak dari Rossi hingga berselisih 1,2 detik. Sementara the Doctor tampak melambat sehingga didekati Crutchlow.

Foto: MotoGP

Di saat Marquez kian jauh di depan Rossi malah sibuk meladeni perlawanan Crutchlow, Jack Miller dan Rins.

Memasuki lap kelima dan enam, Joan Mir dan Maverick Vinales terkena penalti drive through. Tak beberapa lama, Crutchlow tersungkur ke atas lintasan setelah mengalami crash.

Baca juga:  Sepeda Listrik ala Moge Ini Bisa Dipacu Hingga 35km/Jam

Pada tikungan 12, ketika sudah unggul jauh, Marquez malah mengalami crash. Meski tampak beberapa kali berusaha menghidupkan kembali motornya, tapi ia gagal dan terpaksa menyerah untuk tak melanjutkan lomba.

Kondisi itu menyisakan persaingan sengit antara Rossi, Rins dan Miller untuk memperebutkan posisi terdepan.

Foto : MotoGP

Nasib buruk menimpa tim Repsol Honda di MotoGP Amerika Serikat, karena selain Marquez, Jorge Lorenzo juga tak mampu melanjutkan lomba setelah motornya mengalami masalah teknis.

Kembali ke persaingan tiga pebalap di belakang Marquez sebelum terjatuh, Rossi dan Rins tampak mengerahkan kemampuan terbaik mereka untuk saling mengalahkan. Akhirnya Rins menjadi pemenangnya setelah berhasil menyalip Rossi untuk merebut posisi terdepan ketika balapan menyisakan empat lap lagi.

Posisi itu tak berubah hingga balapan usai, menempatkan Rins di podium pertama, Rossi kedua dan Miller ketiga. [dp/TGH]