Yamaha Cup Race 2019 Putaran Pertama Digelar Boyolali

Boyolali jadi kota pertama seri perdana dan perayaan 30 Tahun Yamaha Cup Race 2019.

BOYOLALI (DP) – Ajang balap Yamaha Cup Race (YCR) 2019 putaran pertama bakal digelar di sirkuit permanen Gokart Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu-Minggu (27-28/4). Untuk musim ini diagendakan dilaksanakan sebanyak 8 seri di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

M. Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan bahwa memasuki tahun ke-30 perjalanan YCR terus memunculkan pebalap-pebalap berpotensi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Abidin menyebutkan beberapa nama pebalap hasil dari YCR selama ini, seperti Galang Hendra Pratama, M. Faerozi dan Anggi Setiawan di kelas AP250, juga Aldi Satya Mahendra dan Wahyu Nugroho di kelas UB150.

“Mereka adalah para pebalap daerah yang pernah menjadi bagian dari Yamaha Cup Race dan saat ini menjadi kebanggaan bangsa Indonesia di ajang balap Internasional,” ujar Abidin, dalam siaran resminya, Selasa (23/4).

Sebanyak 13 kelas yang dibagi dalam 3 kategori dilombakan sebagai kelas utama Kejurnas Motoprix, yaitu National Class yang terdiri dari Moped 4 Tak 150 cc Tune-up Seeded (YCR1), Moped 4 Tak 150 cc Tune-up Novice (YCR2) dan Moped 4 Tak 150 cc Tune-up Rookie (YCR3).

Baca juga:  Seri Pamungkas Daytona Indoclub Championship 2019 Dipastikan Seru!
Galang Hendra Pratama Akan Memberikan Pengetahuan Kepada Para Rider-Rider Muda di YCR Boyolali

Kemudian ada Exhibition Class yang meliputi banyak kelas, mulai dari Moped 4 Tak 125 cc Tune-up Seeded (YCR4), Moped 4 Tak 125 cc Standar Novice/Rookie (YCR5), Moped 4 Tak s/d 125 cc Tune up Pemula Lokal Jawa Tengah (YCR6), serta Moped 4 Tak 150 cc ECU Standar Novice/Rookie (YCR7).

Lalu Moped 2 Tak 116 cc Standar Open (YCR8), Moped 2 Tak s/d 125 cc Underbone Open (YCR9), Moped 2 Tak 125 cc Standar Ex-Rider (YCR10), Sport 2 Tak 140 cc Non Built Open (YCR11) dan Yamaha Aerox 155 Standar Open (YCR12). Terakhir adalah Community Class yang melombakan Sport 2 Tak Standar 135 cc (YCR13).

Untuk kategori yang terakhir diyakini mendapatkan respon tinggi mengingat banyaknya komunitas pengguna Yamaha RX King yang tersebar di berbagai daerah. Ini merupakan kelas balap yang paling ditunggu-tunggu para pencinta road race tanah air.

Sebagai informasi, kategori balap untuk komunitas ini telah memasuki tahun kedua, dan bersinergi dengan balapan komunitas di Yamaha Sunday Race (YSR) yang sudah berjalan selama 4 tahun.

Baca juga:  Seri Pamungkas Daytona Indoclub Championship 2019 Dipastikan Seru!
Wawan Tembong, freestyler berprestasi Asia akan memberikan aksi di YCR Boyolali.

Tak ketinggalan, YCR 2019 Boyolali juga menyajikan kelas mantan pebalap yaitu Bebek 2 Tak Standar 125 cc Ex-Rider (YCR10). Termasuk pula hadirnya kelas Moped 2 Tak s/d 125 cc Underbone Open (YCR9).

Untuk kelas komunitas, YCR turut membuka kelas Yamaha Aerox 155 cc Standar Open (YCR12) bagi siapa saja yang ingin berkompetisi dengan menggunakan motor bertransmisi otomatis.

Galang Hendra juga dijadwalkan bakal datang di YCR Boyolali, yang akan memberikan edukasi seputar trik menaklukan trek baik dalam hal pengenalan lintasan dan racing line, titik pengereman dan penggunaan transmisi.

Selain Galang turut dimeriahkan oleh penampilan freestyler berprestasi Asia, Wawan Tembong yang akan beraksi dengan menggunakan Yamaha YZF-R25, yang akan perform pada hari Minggu. [dp/MTH]