Dibanderol Rp363,9 Juta, Hyundai Kona ‘Menengok’ Toyota C-HR


JAKARTA (DP) – Bersamaan dengan dibukanya pameran Telkomsel IIMS 2019, PT Hyundai Mobil Indonesia juga membuka selubung harga resmi dari compact SUV terbarunya, Kona. Tersedia hanya satu varian, yakni GLS, Hyundai Kona dipasarkan dengan harga Rp363,9 juta OTR Jakarta.

Menurut Mukiat Sutikno, President Director HMI, posisi Kona berada di bawah Tucson, di mana secara segmentasi jelas berbeda bagi Tucson yaitu pada level konsumen berusia middle age.

“Untuk Hyundai Kona kami membidik konsumen milenial atau yang berjiwa muda. Hal itu ditunjukkan pada desainnya yang semi informal,” jelas Mukiat, disela perkenalan Kona, Kamis (25/4).

Secara desain, jelas sosok Kona begitu menggoda kaum milenial yang ingin tampil beda dalam berkendara. Bahasa desain fluidic sculpture 2.0 dipenuhi aksen tangguh khas SUV semakin ciamik.

Sosok Kona terbilang mungil untuk sebuah SUV, makanya Hyundai Indonesia menyebutnya sebagai crossover SUV. Penjelmaan SUV dimunculkan lewat elemen plastik hitam yang disematkan di area fender hingga menyentuh rumah fog lamp. Begitu juga pada fender belakang hingga ke buritan.

Baca juga:  Zona Khusus Pecinta Balap Motor di IIMS 2019

Panjangnya hanya 4.165 mm, lebar, 1.800 mm dan tinggi 1.565 mm, dengan ground clearance yang dirancang agak tinggi 170 mm untuk menghadapi beragam kondisi permukaan jalan di Indonesia. Profil ini diperkuat dengan penggunaan pelek 17-inci dengan ban berukuran 215/55.

Melirik ke kabin semakin menarik. Beberapa sisi dirancang sewarna dengan bodi, yaitu di sekitar ventilasi AC, transmisi, sabuk pengaman sampai jahitan di jok. Tapi aksen ini khusus untuk warna Acid Yellow saja. Selain warna itu, aksennya merah.

Head unit berukuran 9-inci tampak mendominasi dashboard. Desainnya dirancang mengambang dan sudah support platform iOS dan Android, dilengkapi konektivitas AUX, slot USB dan Bluetooth. Kemudahan mengakses kabin melalui smart key dan menyalakan mesin melalui tombol.

Dengan harga segitu, amunisi Kona tergolong setara yang ditawarkan. Teknologi LED dipasangkan pada seluruh penerangan, mulai dari lampu utama dan belakang, sein, serta di rear spoiler.

Baca juga:  Suzuki Raih Lima Penghargaan di Ajang TIIMS Awards 2019

Penunjang kenyamanan saat berkendara, Kona menyediakan fitur safety meliputi 6 airbag, ABS & EBD dipadu Emergency Stop Signal, DBC (Downhill Brake Control), HSAC, ESC dan Tire Pressure Monitoring System.

Dua fitur yaitu Hill-start Assist Control (HAC) dan Downhill Brake Control (DBC) diklaim sangat berguna saat menghadapi kondisi jalan tanjakan maupun turunan seperti di area pegunungan.

Mengusung mesin NU 4-silinder 2.000 cc MPI dengan siklus Atkinson, tenaga yang dihasilkan hingga 147 hp dengan torsi 179 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Tenaga dan torsi tersalurkan ke roda depan via transmisi otomatis konvensional 6-speed.

“Kami memilih mesin 2.000 cc karena tanggung jika memboyong yang 1.600 cc. Tentunya konsumen akan merasakan itu. Secara harga antara mesin yang kecil dan besar bedanya sedikit, toh, kami sediakan banyak fitur keamanan,” tutup Mukiat.

Hyundai Indonesia menawarkan lima pilihan warna untuk Kona, diantaranya Acid Yellow, Dark Knight, Pulse Red, Chalk White dan Phantom Black. [dp/MTH]