Quartararo Apes, Marquez Pun Juara MotoGP Jerez


JEREZ (DP) – Sempat mencatat penampilan sensasional dengan merebut pole position dan mengalahkan rekor waktu Marc Marquez, pebalap rookie, Fabio Quartararo, harus memupus harapan naik podium di Jerez, Minggu (5/5).

Seperti diprediksi banyak pihak, jagoan Honda, Marquez, akhirnya kembali naik podium pertama di Grand Prix Spanyol yang dihelat di Sirkuit Jerez.

Marquez lebih mudah menjalani balapan setelah motor Yamaha Petronas yang digeber Quartararo mengalami kendala teknis sehingga melorot ke posisi kedua. Tak lama setelah disalip Marquez, Quartararo kemudian didahului Andrea Dovizioso setelah melebar di tikungan 1.

Namun Yamaha Petronas masih punya Franco Morbidelli untuk mengejar Marquez dan bersaing di barisan depan. Bahkan duo Yamaha Petronas ini saling kejar, dan pada lap ke-11, Quartararo berhasil menyalip Morbidelli setelah pebalap yang disebut terakhir itu melebar di tikungan Pedrosa.

Tak seperti Morbidelli yang melambat, Quartararo justru dapat menempel Marquez hingga lap ke-13. Tapi apes bagi pebalap Perancis itu, motornya bermasalah, yang membuatnya harus keluar lintasan balap.

Baca juga:  Bermodal Mesin Glondong, Scrambler Jadi Pilihan Tepat (Galeri Foto)

Kesempatan itu tak disia-siakan oleh pebalap Suzuki, Alex Rins, untuk merebut posisi kedua setelah memenangi pertarungan dengan Andrea Dovizioso, kemudian Maverick Vinales dan terakhir Morbidelli.

Rins pun kembali mengamankan podium kedua seperti seri sebelumnya, dan Marquez menjejak garis finish pertama dengan keunggulan 1,6 detik dari rekan senegaranya itu.

Kemenangan itu membuat Marquez memimpin klasemen sementara setelah Dovizioso hanya finish keempat. Sementara podium ketiga direbut Maverick Vinales.

Danilo Petrucci finish kelima di belakang rekan setimnya, Dovizioso, dan Valentino Rossi, yang start dari urutan ke-13, berada di posisi keenam.

Jorge Lorenzo sejauh ini masih belum menemukan performa terbaiknya dan hanya finish di urutan ke-12. [dp/TGH]