Perhatikan Kualitas Minyak Rem Dari Warnanya


BANDUNG (DP) – Komponen pada kendaraan yang satu tergolong sangat vital. Bila tidak berfungsi secara maksimal alias bermasalah, diyakini dapat membahayakan pengendara lain di jalan raya.

Karena itulah sebisa mungkin sistem pengereman harus selalu dipastikan dalam kondisi baik saat kendaraan digunakan, karena berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan dan untuk menghentikan laju kendaraan.

Peranti ini bisa dalam bentuk piringan besi atau lazim disebut cakram (disc brake). Untuk pengoperasiannya banyak digunakan sistem rem hidrolik yaitu pengoperasian sistem rem dengan memanfaatkan tekanan hidrolik.

Untuk itu perlu dilakukan pengecekan rutin oleh pemilik sepeda motor, dan biasanya minyak rem rutin diganti setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km.

“Meski jarak penggantian berkala cukup lama, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara visual kondisi minyak rem yang ada pada Tank Master rem, baik pemeriksaan kuantitas maupun kualitasnya,” ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training DAM.

Baca juga:  Daihatsu Terios Sabet Penghargaan GDI of the Year 2018

Untuk pemeriksaan kuantitas dapat dilihat dari level permukaan minyak rem apakah sudah menyentuh marking ‘LOWER’ atau level paling bawah.

Jika sudah maka perlu dilakukan pemeriksaan, apakah memang kuantitas minyak rem yang sudah berkurang atau memang kondisi dari Pad Set atau kanvas rem sudah mulai aus. Semakin aus kanvas rem maka akan menurunkan level permukaan minyak rem di wadah itu.

Bila kanvas rem sudah diganti kondisi minyak rem masih kurang, maka isi dengan minyak rem sampai dengan marking ‘UPPER’ atau level paling atas (maksimum).

Untuk pemeriksaan kualitas dari minyak rem, dapat dilihat dari warnanya. Semakin gelap mengindikasikan kualitasnya yang sudah semakin berkurang.

“Bagi pemilik motor Honda, gunakan minyak rem AHM Honda DOT-4 yang merupakan minyak rem asli yang dikeluarkan oleh Astra Honda Motor. Minyak rem ini direkomendasikan untuk sepeda motor Honda agar lebih dapat menahan suhu akibat panasnya pengereman,” tambah Ade.

Baca juga:  Dua Produk Baru Nissan Resmi Melenggang di Pekanbaru

Ganti Seal Master Rem jika sudah terasa ada hal ganjil saat pengereman. Beberapa yang biasanya dikeluhkan oleh konsumen adalah handle rem yang terasa blong ketika ditekan atau justru handle rem yang sangat keras tetapi kendaraan tidak menurun kecepatannya.

Untuk pengguna motor Honda, lakukan penggantian serta perawatan di bengkel resmi Honda atau AHASS. [dp/MTH]