BMW Motorrad Indonesia Cari Pegiat Adventure Sejati Indonesia


JAKARTA (DP) – BMW Motorrad Indonesia menantang para pemilik motor BMW bergenre adventure atau seri Gelande Strase (GS) di Tanah Air untuk mengikuti kompetisi penjelajahan yang dinamakan BMW Motorrad GS Trophy 2020 Qualifier Indonesia.

Event tersebut dijadwalkan bakal digelar di Pusdiklantas Polri, Tangerang Selatan, 27 Juli mendatang. Kualifikasi ini merupakan yang pertama kali dihelat di Indonesia.

“Siapapun bisa mengikuti kompetisi ini, dan yang pasti harus pengendara amatir baik pria maupun wanita,” kata Joe Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia, di sela pemaparannya di Jakarta, Kamis (16/5) lalu.

“Kami ingin para riders Indonesia khususnya pemilik GS bisa mencicipi proses kualifikasi ajang tersebut. Mudah-mudahan perwakilan Indonesia bisa berpartisipasi di babak final GS Trophy 2020 di New Zealand,” tambahnya.

Dalam prosesnya, setiap negara akan mencari rider andal untuk mewakili negaranya masing-masing. Joe menjelaskan bahwa nantinya para riders akan diberikan pembekalan dan pelatihan sebelum mengikuti kualifikasi di negara asal.

Dalam pelatihan ini akan dibagi menjadi dua tahap, yaitu intermediate level dan advanced level. Pelatihan akan dilaksanakan pada 15 dan 22 Juni untuk intermediate level, kemudian untuk advanced level pada 6 Juli 2019.

Proses pelatihannya sendiri bakal dikenakan biaya sebesar Rp 1 juta untuk intermediate level dan Rp 1,2 juta untuk advanced level.

BMW Motorrad membuka pendaftaran hanya untuk 20 tim, yang beranggotakan 3 orang setiap tim. Peserta boleh menggunakan motor pribadi ataupun menyewa per sesinya. Untuk sewa, BMW G 310 GS akan dikenakan biaya sebesar Rp 2 juta selama gelaran acara.

BMW G 310 GS Adventure didapuk sebagai official bike yang akan digunakan. Selain itu, BWM Motorrad Indonesia juga menyediakan 20 unit motor yang dapat digunakan secara gratis selama acara berlangsung.

Penilaian dilakukan oleh empat orang juri lokal atau disebut marshall, di antaranya Imanuel Pratna, Budi Irawan sebagai perwakilan dari Pusdiklat Polri, Joel Mastana, dan Wisnu Gareng, jurnalis senior yang pernah mencicipi enduro park di Hechlingen.

Kemudian dari hasil kualifikasi terbaik asal Indonesia akan dikirim ke Malaysia untuk bersaing kembali dengan perwakilan negara lain seperti Malaysia, Filipina, Taiwan, Vietnam dan Singapura pada September 2019.

Setelah itu, pemenang dari wilayah Asia Tenggara akan berangkat untuk beradu dengan rider dari negara-negara benua lain di ajang GS Trophy 2020 di New Zealand. [dp/MTH]