Pertamina Tambah Titik Layanan BBM di Jalur Tol Trans Jawa


JAKARTA (DP) – Pertamina telah menyediakan 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur tol Trans Jawa, yang membentang dari Merak hingga Pasuruan. Hal ini dilakukan dalam rangka menghadapi arus mudik dan balik pada masa libur Lebaran nanti.

Ketersediaan BBM tersebut baik dengan adanya SPBU regular maupun SPBU modular. Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas’ud Khamid bersama rombongan memastikan hal ini tercukupi, berdasarkan pantauan langsung di titik layanan BBM di jalur mudik khususnya via tol.

Saat kunjungan itu, Mas’ud menyusuri jalur mudik via tol dari Jakarta menuju Semarang, dan meninjau beberapa titik SPBU yaitu di Rest Area KM 57, KM 207 dan KM 252, Kamis (16/5) lalu.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, titik-titik layanan tersebut terdiri dari 44 SPBU, 25 Mobile Dipenser (Mobil Tangki yang dilengkapi flowmeter) dan 43 Kios Pertamina Siaga.

Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motorist BBM (motor pengantar BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM.

“Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik. Diharapkan dengan adanya titik pelayanan BBM ini dapat memberikan rasa tenang dan aman kepada pemudik,” ujarnya.

Di sisi lain, menyikapi faktor kelelahan yang pasti menghinggapi para pemudik, Pertamina juga menyiapkan sembilan titik Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur Tol Trans Jawa sebagai tempat istirahat.

Dalam Serambi Pertamax ini akan disediakan layanan pijat, tempat bermain anak, dan lainnya untuk melepas lelah. Fajriyah menyarankan agar pemudik bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk beristirahat cukup di sela-sela perjalanan jauhnya.

“Mereka bisa mampir di Rumah Pertamina Siaga yang tersedia di beberapa titik yang bisa diketahui melalui aplikasi MyPertamina dan WAZE. Layanan ini tersedia mulai H-10 Idul Fitri,” tambahnya.

Jalur Tol Jawa Barat dan Jawa Tengah

Untuk memberi kenyamanan para pengendara yang melalui jalur tol di wilayah Jawa Barat, Pertamina akan menyiapkan 26 SPBU di Ruas Tol Cikampek, Cipali, Ciawi, dan Cileunyi.

Selain itu, tersedia juga 14 Kios Pertamina Siaga dan dua Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur tol Jakarta – Cirebon. Sementara di jalur tol Jakarta – Merak juga disiapkan enam SPBU.

Sementara untuk memastikan pasokan BBM di Jalur Tol wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyediakan enam SPBU Reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga baik di jalur mudik maupun arus balik.

Pertamina juga menyiapkan empat titik Rumah Pertamina Siaga yang tersebar di beberapa lokasi jalur tol di wilayah Jawa Tengah saja. [dp/MTH]