Gaikindo: Momen Lebaran Dongkrak Penjualan Kendaraan


JAKARTA (DP) – Pelaku industri otomotif optimistis penjualan akan membaik karena momentum Lebaran dan kehadiran pameran pada awal semester II tahun ini, meskipun 4 bulan pertama pasar melambat.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diolah PT Astra International Tbk, menunjukkan total kendaraan yang dipasarkan (wholesales) pada Januari hingga April 2019 sebanyak 337.892 unit, turun 14,33% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pada periode tersebut, hampir semua merek mengalami kontraksi penjualan, padahal mereka telah merilis beragam model baru ke pasaran. Merek di bawah naungan Astra Group turun 5,76% atau masih lebih baik ketimbang kondisi pasar pada 4 bulan pertama 2019.

Kinerja penjualan Toyota sepanjang 4 bulan pertama melambat 6,34% setara dengan 107.169 unit. Namun, pada periode ini, Toyota berhasil memperbesar pangsa pasar menjadi 31,72%, naik dari 29,01% pada periode yang sama 2018.

Baca juga:  Ame Juarai King'S Cup Trophy International Rally of Thailand 2018

“Kami telah memprediksi adanya perlambatan penjualan pada kuartal I tahun ini karena adanya agenda politik. Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga meleset dari target yakni 5,07%,” kata Ketua Gaikindo, Yohannes Nangoi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (22/5).

Nangoi berharap penjualan otomotif akan kembali meningkat setelah pengumuman pemenang pemilu pada bulan ini.

“Saat ini harga komoditas relatif baik dan proyek infrastruktur masih terus berlanjut. Harusnya tidak akan turun dan bisa kembali menuju tren yang positif,” ujarnya

Pada tahun ini, Gaikindo menargetkan penjualan kendaraan nasional sebanyak 1,1 juta unit. Target itu tidak jauh berbeda dengan realisasi pada 2018 sebanyak 1,15 juta unit. [dp/TGH]