Penjualan Isuzu Tumbuh Tipis di Kuartal I

Penjualan Isuzu Traga berhasil mendominasi hingga April 2019, menyusul Isuzu ELF.

JAKARTA (DP) – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengakui ‘pesta demokrasi’ tahun ini terbilang menjadi tantangan terberat dalam pencapaian penjualannya hingga memasuki kuartal I 2019.

Pada kacamata Isuzu, pemilu telah mempengaruhi prospek industri otomotif di tahun ini karena menjadi masa yang fluktuatif bagi perekonomian nasional dan berimbas pada aktivitas masyarakat untuk menunda pembelian barang mewah ataupun berinvestasi pada bisnisnya.

Meski begitu, IAMI melaporkan penjualan retail kendaraan komersial dan penumpang hingga April lalu mampu mengalami pertumbuhan tipis dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Sepanjang periode tersebut tercatat Isuzu berhasil meniagakan sebanyak 7.627 unit, atau tumbuh sebesar 7,5 persen dibanding 2018 sebesar 7.093 unit. Dari jumlah itu, penjualan Isuzu ditopang dari Traga.

Penjualan pikap medium terbaru Isuzu terjadi lonjakan signifikan sebesar 794,4%, dari 177 unit pada 2018 menjadi 1.583 unit periode Januari – April 2019. Diikuti Isuzu ELF yang menyumbang 4.297 unit atau tumbuh 0.7%.

Baca juga:  Pertamina Ajak Pemilik Porsche Sosialisasi Pertamax Turbo Euro 4

Di segmen medium truck yang dihuni Isuzu GIGA (F Series) menyumbang 1.051 unit, atau turun 25,9% dibanding periode yang sama tahun lalu yakni 1.418 unit.

Di tengah kondisi tersebut, Ernando Demily, Presiden Direktur IAMI tetap optimis industri otomotif akan terus membaik, walaupun sedikit melambat dikarenakan adanya pemilu.

“Kebutuhan masyarakat untuk membeli kendaraan akan tumbuh, dan kemungkinan akan terjadi pada semester II setelah hasil pemilu keluar,” kata Ernando.

Tagline Terbaru

Memperkuat komitmennya di 2019, PT IAMI telah menjadikan tahun ini sebagai tahun yang memorable untuk Isuzu Indonesia. Karena itulah tagline terbaru “Isuzu Real Partner, Real Journey” mulai digunakan tahun ini.

Peremajaan ini menjadi bukti keseriusan Isuzu untuk menghadapi pasar yang ada saat ini baik kendaraan komersial maupun penumpang agar terus berjalan beriringan.

“Isuzu memposisikan diri sebagai partner bisnis sehingga kami akan menjaga partner kami dari awal proses sampai after sales servis,” ucap General Manager Marketing PT IAMI Attias Asril.

Baca juga:  DAM Boyong New CBR250RR dan New CB150R Streetfire ke Tanah Pasundan

Dia menyebutkan Isuzu akan terus memberikan yang terbaik bagi konsumen, mulai dari product fit hingga after sales yang terus ditingkatkan untuk mengurangi break down time.

“Isuzu tidak hanya menjual, namun memposisikan sebagai partner bisnis, sehingga kami akan menjaga hal itu mulai dari awal proses sampai after sales servis,” pungkas Attias. [dp/MTH]