Toyota Granvia, Buat yang Tak Mampu Beli Alphard


TAIWAN (DP) – Toyota Alphard dikenal sebagai MPV premium yang menawarkan kenyamanan dan kemewahan. Namun, tak banyak yang bisa membelinya. Tenang saja, Toyota punya solusinya.

Selain Voxy, Toyota memiliki produk anyar yang bisa menjadi alternatif bagi mereka yang mendambakan Alphard tapi belum memiliki cukup uang. Model anyar ini bernama Granvia.

Bagi konsumen di negara yang sudah mendapatkan model terbaru Hiace, seperti Filipina atau Taiwan, sosok Granvia mungkin tak terlalu asing. Pasalnya, Granvia adalah varian Hiace yang lebih mewah.

Jika dibandingkan dengan Hiace model lawas, seperti yang banyak dipakai sebagai kendaraan travel di Indonesia, all-new Hiace mempunyai desain moncong lebih mancung untuk mengakomodasi mesin yang pindah dari bawah tempat duduk penumpang depan ke kompartemen mesin di depan.

Penempatan mesin di depan membuat Hiace anyar menjadi lebih aman untuk melindungi penumpang ketika terjadi benturan dari depan. Tak hanya itu, Hiace dan juga Granvia dibekali pengaturan tempat duduk yang fleksibel.

Baca juga:  Auto2000 Beri Kemudahan Trade-in Mobil Baru dan Mobkas Toyota

Bagaimana dengan tampilan Granvia jika dibandingkan dengan Hiace?

Toyota Granvia memiliki desain gril dan lampu utama lebih modern dan mewah, terlebih dengan penambahan trim berlapis krom dan velg berdesain keren. Tampilan Granvia kian oke dengan penambahan garnish pada lampu belakang.

Tak cuma dari sisi tampilan Granvia lebih baik ketimbang Hiace, varian baru ini memiliki tingkat kenyamanan lebih tinggi berkat pemakaian multi-link system untuk suspensi belakang, dibandingkan Hiace yang masih mengadopsi per daun.

Jika dari sisi eksterior Granvia sudah menarik, bagian kabin justru lebih mantap. Meski layout dashboard sama dengan Hiace, tapi keberadaan trim kayu dan material berkelir gelap membuat tongkrongan Granvia lebih berkelas.

Sementara captain seat di bangku baris kedua menjanjikan kenyamanan bagi penumpang selama perjalanan. Apalagi ditemani dengan lantunan lagu dan hiburan yang keluar dari layar entertainment sentuh, ditunjang sound system berkekuatan 12 speaker.

Baca juga:  Uniknya Baze Menggarap Mobil Pengangkut Motor Trail

Ada juga empat buah port USB untuk mengisi daya baterai gadget atau mengkoneksikan beragam peranti genggam.

Selain itu, Granvia juga disematkan sembilan airbag, cruise control, pre-collision safety, dan pendeteksi pejalan kaki.

Granvia mengusung mesin turbo-diesel, yang kemungkinan berkapasitas 2.8 liter layaknya milik Hiace. [dp/TGH]