Pertamina Sediakan SPBU Modular di Ruas Fungsional Tol Bakauheni – Kayu Agung

Diberlakukannya rekayasa one way jalur mudik Tol Trans Jawa membuat Pertamina mengantisipasi pasokan BBM agar tidak tersendat.

LAMPUNG (DP) – Dengan dibukanya ruas Tol Bakauheni hingga Kayu Agung, dipastikan banyak pemudik yang bakal melewati. Meski masih bersifat fungsional, Pertamina telah memastikan ketersediaan BBM dan fasilitas lainnya akan tersedia.

Memastikan kenyamanan pemudik, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan telah menyiapkan fasilitas pengisian bahan bakar sebanyak tujuh SPBU Modular dan enam Kiosk Pertamina Siaga di ruas tol tersebut.

“Di ruas tol operasional Bakauheni – Terbanggi besar, Pertamina Siaga hadir dalam bentuk SPBU Modular di Rest Area KM 33A, KM 87A dan 87B, serta KM 115A dan 115B,” kata Primarini, General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel.

“Untuk KM 33B sementara kami siapkan Kiosk Pertamina Siaga. Khusus arus mudik dan balik, kami skenariokan di ruas Bakauheni dan Terbanggi Besar beroperasi 24 jam,” tambahnya.

Tiga produk utama bakal disiagakan oleh Pertamina. Pada KM 33A disiapkan Pertamax dan Dex, sementara di KM 33B tersedia Pertamax dan Dex kemasan. Sedangkan di KM 87A dan 87B, disiapkan Pertamax dan Bio Solar sebanyak 11 KL, lalu KM 115A dan 115B ada Pertamax dan Bio Solar sebanyak 3 KL.

Baca juga:  Arus Mudik, Konsumsi Pertamax Melonjak Hampir 100%

Selain itu, baik di KM 87 maupun KM 115 juga disiapkan Dex kemasan sebagai alternatif bahan bakar diesel.

Pada ruas fungsional mulai dari Terbanggi Besar hingga Pematang Panggang, lebih banyak disiapkan Kiosk Pertamina Siaga untuk melayani arus mudik dan balik. Namun, lanjut Primarini, SPBU Modular juga disiapkan di dua rest area, di Km 215B dan 234A, yang menyediakan produk Pertamax dan Dex.

“Kami siapkan stok sebanyak 3 KL Pertamax dan Dex guna melayani pemudik dari jam 6 pagi hingga 17 sore, sesuai jam operasional tol fungsional yang berlaku. Rencananya juga akan ada tambahan tangki kapasitas 24 KL di KM 215B untuk memastikan pelayanan prima bagi pemudik,” jelasnya lagi.

SPBU Modular. Foto: Antara

Pertamina juga menyiapkan KiosK Pertamina Siaga di kedua rest area itu, di mana tersedia 30 BBM Kemasan berkapasitas 10 liter untuk Produk Pertamax dan Dex. Sebaran Kiosk Pertamina Siaga lainnya juga disiapkan di KM 163A, 172B, dan KM 208A.

Baca juga:  Teknologi Hidrogen Toyota Mulai Berlayar di Laut Mediterania

Masuk ke wilayah Sumatera Selatan mulai dari Pematang Panggang menuju Kayu Agung, saat ini baru disiapkan satu titik Kiosk Pertamina Siaga yakni di KM 285B. Meski begitu, Primarini memastikan stok dapat selalu memenuhi kebutuhan pemudik.

“Kami pastikan pemudik yang melewati Tol Trans Sumatera serta yang melewati jalur lintas akan selalu terpenuhi kebutuhan BBM-nya. Pertamina Siaga akan selalu siap dalam memenuhi stok dan distribusi energi bagi pemudik,” tutup Primarini. [dp/MTH]