Lakukan Kecerobohan, Podium Gagal Digenggam Galang

Galang Hendra Pratama gagal mengemas podium pada race 2 WorldSSP300 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

JEREZ (DP) – Buah dari kecerobohannya sendiri jelang garis finis mengandaskan impian Galang Hendra Pratama untuk bertengger di podium utama Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (9/6). Dirinya harus puas finis di urutan keempat pada race 2 WorldSSP300.

Sejatinya, pebalap Semakin Di Depan Biblion Motoxracing ini sangat berpeluang besar menapaki podium dalam balapan yang diwarnai Red Flag pada lap pertama, dan sempat dihentikan sementara oleh Race Direction.

Balapan pun dimulai kembali namun dipangkas menjadi tujuh lap, posisi Galang turun ke urutan empat selepas bendera start dikibarkan. Pebalap kelahiran Yogyakarta ini melorot lagi, menjadi posisi kelima usai dilewati Manuel Gonzalez.

Berselang satu lap kemudian, posisi Galang makin tercecer hingga ke urutan delapan. Meski begitu, upaya keras terus dilakukan untuk tetap menjaga ritme dan jarak dari barisan terdepan.

Tersisa tiga lap, Galang akhirnya mampu menembus lima besar di belakang dua rider dari KTM dan Kawasaki. Usai menaklukkan Victor Steeman, perburuan tiga besar makin membuatnya terpacu. Sayangnya, rider Kawasaki begitu menguasai trek lurus yang tersaji.

Baca juga:  Aksesori Yamaha Lexi Hadir, Ini Besaran Harganya

Pada lap terakhir, tepat keluar dari Tikungan 13, Galang yang menempati posisi ketiga melakukan slipstream dan mampu sejajar dengan dua rider terdepan hingga jelang menyentuh garis finis.

Di sinilah titik kesalahan fatal yang dilakukan Galang. Alih-alih balapan sudah berakhir, dia pun langsung melakukan selebrasi, padahal garis finis masih ada di depan.

Alhasil, podium ketiga pun melayang, dan Galang akhirnya harus puas finis keempat. Ia dikalahkan juara dunia bertahan Ana Carrasco. Sedangkan balapan di race kedua ini dimenangi oleh Gonzalez yang menaklukkan Marc Garcia.

Walau gagal mengemas podium, namun Galang kini berhasil bertengger di peringkat ke-10 klasemen sementara dengan torehan 23 poin. [dp/MTH]