Debut Gemilang Andi Gilang di CEV Barcelona


JAKARTA (DP) – Penampilan perdana Andi Gilang di kelas CEV Moto2 European Championship, ajang CEV International Championship yang digelar di yang dihelat di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, Minggu (9/6), berbuah hasil menggembirakan.

Pada dua race yang berlangsung, posisi Andi terus terdongkrak, dan di race kedua Gilang berhasil finis di urutan kelima. Sebuah torehan yang positif yang digapai Andi, mengingat dirinya baru kali pertama terjun di kelas tersebut.

Sementara Gerry Salim harus puas menembus 10 besar di race itu, setelah pada balapan pertama hanya mampu mengoleksi posisi ke 18.

Jalannya race pertama sempat dihentikan lantaran tumpahan oli di trek dan kemudian dipangkas menjadi 11 lap. Posisi start Andi mengisi grid ke-7. Belum juga genap lap pembuka, posisinya kian melorot ke-12, yang bertahan hingga balapan berakhir.

Andi Gilang.

Sejumlah perubahan langsung dilakukan Andi bersama Astra Honda Racing Team (AHRT) sebelum balapan kedua. Hasilnya terlihat jelas dari performa kedua pebalap yang merasa lebih nyaman dengan sasis Kalex.

Baca juga:  Sambut PRJ 2019, Astra Otoparts Gelar Diskon dan Flash Sale Tiap Sabtu

Balapan kedua, Andi hanya kehilangan satu posisi saat start dan Gerry naik satu posisi. Memasuki pertengahan balapan, ditambah beberapa insiden kecelakaan para pebalap di depan, posisi keduanya terdongkrak naik.

Tersisa lima lap, Andi menduduki tempat keenam. Dan berselang satu lap, ia menembus lima besar. Berupaya keras bertahan, sang debutan akhirnya berhasil finis kelima.

Catatan ini menjadi hasil luar biasa buat Andi, karena merupakan penampilan perdana di kelas CEV Moto2. Pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, itu dipercaya tampil dengan tim AHRT di CEV, selain menjadi andalan di Asia Road Racing Championship kelas Supersport 600.

Gerry Salim

Andi menceritakan, pada balapan pertama, dirinya mendapatkan beberapa masalah saat start, sekaligus tidak mendapatkan cengkeraman yang bagus saat balapan akan berakhir, sehingga hanya mampu finish di posisi ke-12.

“Pada balapan kedua, saya merasa lebih baik sejak awal dan mampu menjaga kecepatan, sehingga saya bisa bertahan di grup depan. Saya tetap tenang dan konsisten hingga akhirnya finis di posisi kelima. Saya sangat senang dengan hasil ini,” kata Andi.

Baca juga:  Ratusan Modifikasi Daihatsu Tampil Memukau

Sementara bagi Gerry, finis di posisi ke-10 menyamai rekor terbaiknya di kelas ini yang didapat di Estoril.

“Saya senang dengan performa kali ini. Meskipun saya merasa tidak nyaman dengan motor pada balapan pertama dan tidak bisa memacu motor hingga maksimal, kami bisa melihat data dan melakukan beberapa perubahan setting pada balapan kedua,” ucap Gerry.

Atas hasil ini, Gerry Salim kini berada di peringkat ke-15 klasemen dengan 16 poin, sementara Andi di posisi ke-16 dan mengoleksi 15 poin meski baru menjalani dua balapan CEV Moto2 European Championship . Putaran berikutnya dari balapan CEV akan berlangsung di MotorLand Aragon, pada 14 Juli 2019 mendatang.

Mario Surya Aji harus absen di Catalunya, usai dibekap patah cedera patah pergelangan tangan kiri saat terjatuh pada sesi latihan bebas. Foto: Motorsport

Sayangnya, hasil gemilang yang diraih Andi dan Gerry tidak diikuti pebalap AHRT lainnya, Mario Suryo Aji. Super Mario terpaksa absen pada CEV Moto3 Catalunya karena dibekap cedera patah pergelangan tangan kiri saat terjatuh pada sesi latihan bebas, Kamis (6/6).

Baca juga:  Gerry dan Dimas Berjuang Meraih Mimpi di Valencia

Usai pemeriksaan medis, ia langsung naik meja operasi keesokan harinya. Operasi berjalan sukses, dilakukan oleh spesialis traumatologi MotoGP, Dr. Xavier Mir.

Sempat dirawat semalam, pebalap asal Magetan, Jawa Timur, itu akhirnya diperbolehkan untuk meninggalkan rumah sakit pada Sabtu (8/6).

“Sayang sekali, saya terjatuh. Ketika diperiksa dokter, radius tangan kiri saya patah dan bergeser. Jadi, saya harus menjalani operasi,” tutur Mario, seperti dilansir Motorsport.

“Sekarang saya akan berusaha untuk pulih secepat mungkin dan kembali lebih kuat untuk menghadapi balapan FIM CEV,” tekadnya. [dp/MTH]