Ini Bukti Toyota Alphard MPV Paling Aman


TOKYO (DP) – Tak hanya mewah dan bergaya, Toyota menanamkan fitur-fitur keselamatan mumpuni pada MPV Alphard dan Vellfire agar mampu melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan.

Sebagai MPV termewah di jajaran model Toyota, aspek keselamatan menjadi pusat perhatian para insinyur Toyota. Imbasnya, Toyota Alphard diganjar skor tertinggi dalam uji tabrak yang digelar oleh Japan New Car Assessment Program (JNCA).

Dalam pengujian itu, Alphard tak hanya meraih bintang lima untuk perlindungan terhadap penumpang, tapi juga baik dalam melindungi pejalan kaki dari kemungkinan ditabrak MPV ini. Bahkan peranti keselamatan preventif juga apik saat diuji.

Untuk perlindungan terhadap penumpang, Alphard/Vellfire meraih skor 90.82 berkat apiknya perlindungan untuk kepala, leher, dada dan kaki penumpang saat terjadi benturan dari samping.

JNCAP juga memberikan poin tinggi untuk aspek ‘rescuability’, karena seluruh pintu dapat dengan mudah dibuka setelah kecelakaan.

Baca juga:  Mengusung Tema "Keberagaman dalam Kebersamaan" TOSCA Rayakan 1st Anniversary

Tak hanya itu, Alphard/Vellfire juga tampil apik dalam uji kategori offset barrier test, yaitu menguji tabrak adu banteng dengan kecepatan 60 km/jam. Begitu juga untuk kategori side impact test (tabrak samping) dan rear-end collision test (benturan dari belakang).

Untuk perlindungan bagi pejalan kaki, model ini meraih 73,99 poin, sebuah angka yang impresif bagi sebuah mobil penumpang.

Tapi yang turut mendukung Alphard meraih skor tinggi adalah fitur pencegah kecelakaan. Alphard/Vellfire sudah dibekali Toyota Safety Sense (TSS) spesifikasi Jepang. TSS dapat mengantisipasi kecelakaan dengan mengaktifkan rem secara otomatis. Hebatnya, TSS dapat bekerja pada malam hari atau dalam kondisi pencahayaan minim. [dp/TGH]