Model Listrik Pertama Mazda Meluncur Tahun Depan

Kelak, kendaraan listrik Mazda pertama bakal menggunakan platform yang sama dengan Mazda3.

TOKYO (DP) – Tak ingin kalah cepat dengan pabrikan lain dalam menghadirkan kendaraan ramah lingkungan, Mazda tengah mempersiapkan langkah jitunya tersebut tidak lama lagi. Tepat tahun depan, Mazda bakal meluncurkan kendaraan listrik ke hadapan publik.

Strategi tersebut bakal dilakoni Mazda melalui dirilisnya beberapa model terbaru sekaligus powertrain teranyar di tahun-tahun mendatang.

Saat diwawancara oleh Auto News, Akira Marumoto, Chief Executive Mazda, menyebutkan bahwa langkah percepatan tersebut guna memenuhi tuntutan standar emisi CO2 yang kian ketat di negara belahan Eropa.

Tidak tanggung-tanggung, lanjut Marumoto, Mazda bakal memperkenalkan kendaraan full listrik yang dijadwalkan dirilis tahun depan, dan menindaklanjutinya dengan berbagai model plug-in hybrid mulai tahun 2021 atau 2022.

“Pertama adalah mesin Skyactiv-X yang akan kami luncurkan tahun ini dengan emisi kurang dari 100 g/km. Kedua, kendaraan listrik Mazda pertama yang direncanakan mulai dipasarkan tahun depan,” kata Marumoto.

Pada akhirnya, tambah Marumoto, pihaknya berencana merilis model hybrid plug-in mulai tahun 2021 atau di 2022.

Mazda bermesin listrik (EV) dijadwalkan meluncur tahun depan.

“Dengan begitu, akhirnya kami dapat mencapai target (emisi) yang dicanangkan, meskipun kami yakini bakal mengalami beberapa kendala di tahun 2020,” ujarnya lagi.

Sayangnya, Marumoto tidak menyebutkan detail terkait kendaraan listriknya itu, namun Mazda sempat melontarkan pernyataan tahun lalu bahwa kendaraan tersebut merupakan model terbaru, dan bukan dari lini produk yang beredar saat ini

Selain itu, Mazda telah memastikan bahwa teknologi yang disusupkan pada powertrain merupakan rancangan para insinyur Mazda sendiri, dan bukan sistem listrik yang dikembangkan bersama Toyota dan Denso.

Meski begitu, model kendaraan listrik yang mulai dipasarkan pada 2021 ini akan berbagi platform SkyActiv-Vehicle Architecture dengan Mazda3, baik tipe hatchback dan sedan.

Sementara itu, Mazda juga tengah menggarap versi hybrid ringan dari powertrain Skyactiv-X terbaru. Pekerjaan yang dilakukan diantaranya meningkatkan efisiensi mesin diesel pada lini produknya, seperti Mazda6 dan CX-5.

Marumoto meyakini bahwa untuk kendaraan-kendaraan macam SUV maupun sedan berukuran besar, powertrain paling efisien di masa depan adalah mesin diesel yang dikombinasi dengan motor listrik. [dp/MTH]