Mercedes-Benz Perkenalkan Konsep Kursi ‘Pintar’ Buat Si Kecil


STUTTGART (DP) – Mercedes-Benz mengembangkan evolusi kursi anak yang memanfaatkan sepenuhnya teknologi pre-safe pada mobil. Dinamakan Pre-Safe Child, jok anak ini bisa menghubungkan antara si kecil dengan orang tuanya saat berkendara.

Diperkenalkannya evolusi kursi tersebut setelah sebuah penelitian yang dilakukan perusahaan riset asuransi UDV, menunjukkan bahwa hampir separuh anak-anak yang ikut dalam mobil tidak mendapat keamanan yang tepat di kursi khusus mereka.

Meski masih dalam bentuk konsep, setidaknya kursi anak ini dapat mengurangi risiko pemasangan yang salah oleh orang tua mereka berkat adanya sistem monitoring pada head unit.

Pada kursi tersebut terdapat simbol-simbol yang dapat memandu cara pemasangan. Jika instalasi salah, simbol yang terdeteksi akan menyala dan menuntunnya hingga benar.

Istimewanya, kursi ini dapat dihubungkan dengan sistem pada mobil, yang berarti orang tua dapat memeriksa status kursi kapan saja dengan hanya melihat tampilan media mobil.

Baca juga:  Dua Gaya Toyota Corolla Coba Goda Eropa

Jika terjadi kecelakaan, sistem sabuk pengaman lima titik secara otomatis akan kencang beberapa saat sebelum tabrakan, dan elemen perlindungan pada benturan samping juga akan aktif.

Lebih jauh lagi, kursi ini kelak akan disusupkan sensor dan monitor yang mampu memonitor kondisi tubuh si kecil, baik panas atau dingin, seberapa cepat atau pendeknya detak jantung. Kedua teknologi ini akan disematkan di sekitar kursi.

Dengan adanya sensor dan monitor tersebut, seluruh aktivitas si kecil bisa terpantau jelas lewat layar media di dashboard. Uniknya, kamera dapat bergerak mengikuti arah si kecil.

Pihak Mercedes-Benz belum menginformasi untuk memberikan lampu hijau agar inovasi kursi ‘pintar’ ini segera diproduksi. [dp/MTH]