Toyota Siapkan Mobil Balap Baru di Ajang WEC


TOKYO (DP) – Akhir pekan lalu Toyota mengumumkan akan menampilkan mobil baru untuk berlaga di balap ketahanan dunia (WEC) 2020-2021. Seperti apa wujudnya?

Jika Anda pernah melihat tampang mobil balap konsep GR Super Sport, tampilan mobil balap baru Toyota di ajang WEC tak akan jauh berbeda, karena prototipe mobil anyar berteknologi hybrid ini berbasiskan GR Super Sport versi jalan raya.

Toyota sendiri hanya menampilkan satu gambar render (rekaan) untuk prototipe tersebut, tapi raksasa otomotif Jepang ini juga merilis video yang menampilkan konsep GR Super Sport saat menjalani pengujian di sirkuit balap.

Toyota tak banyak memberikan penjelasan dalam klip video itu, tapi dalam tayangan itu terlihat sejumlah eksekutif Toyota, termasuk sang CEO Akio Toyoda, ikut menggeber prototipe itu beberapa putaran mengitari sirkuit.

Secara tampilan, kesan agresif begitu kentara terpancar dari desain splitter depan dan air intake berukuran besar.

Baca juga:  Aston Martin DBS Superleggera Menggoda Miliarder Tanah Air

Sementara pada bagian belakang, spakbor roda yang menjorok keluar serta lubang fender depan ekstra besar, kian mendongkrak agresivitas tongkrongan prototipe mobil balap tersebut. Belum lagi ditambah dengan keberadaan sayap belakang yang melebar dari kiri ke kanan, diffuser bongsor serta kokpit berbentuk tetesan air dengan sirip stabilizer vertikal.

Untuk kabin didominasi bahan dari serat karbon dan lingkar kemudi berlapis kulit Alcantara minimalis. Juga tampak klaster instrumen digital dan dua layar digital di tengah serta deretan beberapa tombol.

Mobil balap anyar ini akan mengawali debut di ajang WEC pada musim gugur 2020.

Demi memastikan sukses di kejuaraan balap ketahanan, Toyota menyatakan mobil sport hybrid terbaru ini, baik versi balap maupun jalan raya, saat ini tengah menjalani pengembangan intensif di beberapa pusat pengembangan di Toyota City, Higashi-Fuji dan Cologne.

Pengujian di sirkuit balap secara resmi akan dimulai tahun depan dan data teknis maupun detail dari GR Super Sport versi jalan raya akan dirilis oleh Toyota Gazoo Racing.

Baca juga:  Lihat Tampilan Keren Toyota Hilux GR Sport

Hingga saat ini, Toyota belum memberikan nama untuk model baru ini, tapi bisa saja mencomot nama GR Super Sport, seperti yang disematkan pada konsep yang dipamerkan di Tokyo Auto Salon 2018.

Konsep GR Super Sport menggunakan sejumlah komponen milik mobil balap prototipe TS050 Hybrid yang menjuarai Balap Ketahanan 24 jam Le Mans musim 2018 dan 2019. Konsep ini mengusung mesin twin-turbo 2.4-liter V6 dan sistem hybrid dengan multiple electric motors. Paduan ini dapat menghasilkan tenaga 986 hp (735 kW/1000 PS). [dp/TGH]