Keren… CEO Toyota Ikut Balap Ketahanan 24 Jam di Nurburgring


NURBURGRING (DP) – Bisa jadi Akio Toyoda adalah bos pabrikan otomotif paling keren di dunia, karena ia tak hanya piawai dalam mengelola bisnis perusahaan yang dipimpinnya, tapi juga jago balapan mobil.

Sebagai presiden dan CEO dari Toyota Motor Corporation, tak terbayang betapa berat tugas yang diemban Toyoda. Namun, cucu pendiri Toyota ini tak ingin hanya sibuk mengurusi bisnis raksasa otomotif asal Jepang ini, karena ia juga banyak terlibat dalam pengembangan kendaraan, termasuk untuk urusan di divisi motorsports.

Bahkan Toyoda-san kini terlibat dalam pengembangan GR Super Sport Concept khusus spesifikasi balap untuk terjun dalam ajang World Endurance Championship’s (WEC) di Hypercar Class. Hebatnya, Toyoda juga ikut melakukan pengujian terhadap mobil balap yang dikembangkan dari Supra model 2020.

Puncaknya, Toyoda terjun langsung dalam balap ketahanan 24 jam yang digelar akhir pekan ini di Sirkuit Nurburgring dengan menggeber all-new GR Supra.

Bagi yang rajin memantau balap ketahanan, keterlibatan Toyoda bukanlah hal yang mengejutkan, karena dalam beberapa tahun terakhir, ia rajin membalap di sirkuit yang berada di Jerman tersebut. Diketahui, Toyoda pernah terjun di Nurburgring 24 Hours pada 2013, di mana ia bersama timnya berhasil finish kedua di kelas yang diikuti dan posisi ke-37 secara keseluruhan dengan mengendarai GT86.

Untuk Nurburgring 24 Hours musim ini, Toyoda akan memacu Toyota GR Supra bernomor 90 di SP8T Class bersama Masahiro Sasaki, Kleen Uwe, dan Herwig Daenens.

Sama seperti keikutsertaannya di beberapa balapan Nurburgring 24 sebelumnya, Toyoda tidak menggunakan nama sebenarnya, melainkan mendaftarkan diri dengan nama ‘Morizo’. Jadi, jika Anda pernah mendengar pebalap Toyota bernama Morizo di sejumlah ajang balap, itu berarti sang CEO sendiri yang berada di balik kemudi.

Selain menerjunkan GR Supra yang dikemudikan Toyoda bersama timnya, Toyota juga menampilkan Lexus LC di ajang Nurburgring 24 Hours yang dihelat pada 21-23 Juni 2019 ini. Lexus LC tampil di SP-Pro Class dan dipacu oleh Takeshi Tsuchiya, Naoya Gamo, Takamitsu Matsui, dan Yuichi Nakayama. [dp/TGH]