Pasar Otomotif di Kalbar Tumbuh, Gran Max Pikap Posisi Teratas

Penjualan Gran Max pikap mendominasi di wilayah Pontianak, Kalimantan Barat.

PONTIANAK (DP) – Lini produk niaga Daihatsu berkontribusi besar pada penjualan hingga April 2019 di Kalimantan Barat. Sebagai satu-satunya kendaraan niaga, Gran Max pun mampu mempertahankan posisi Daihatsu di tangga nomor dua pasar otomotif di provinsi tersebut.

Agus SM, Branch Head Pontianak PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, menjelaskan bahwa pikap ini berhasil menguasai pasar niaga ringan khusus pikap sebesar 70,5%.

“Gran Max pikap banyak dipergunakan masyarakat Pontianak untuk di area perkebunan sawit maupun perkebunan lainnya, selain tentunya untuk sektor logistik,” ujar Agus, di sela pelepasan ‘Terios 7 Wonder – Exotic Borneo Life’ di Astra Daihatsu Pontianak, Jumat (21/6).

Dengan pencapaian pangsa pasar ini dapat dikatakan seluruh populasi pikap di seantero Provinsi Kalimantan Barat ‘dihuni’ oleh Gran Max. Agus pun menyebutkan bahwa pertumbuhannya dari tahun ke tahun tergolong positif.

Daihatsu Sigra menempati posisi dua penjualan di Kalimantan Barat.

“Pada 2016, perolehan pangsa pasar Gran Max pikap tercapai 50%, lalu merangkak naik menjadi 60% di tahun 2018. Hasil tersebut terus membaik hingga di 2019 ini. Setelah Gran Max diikuti model lainnya seperti Sigra dan terakhir Daihatsu Terios,” tambahnya.

Baca juga:  DFSK Super Cab Bakal 'Terbang' ke Filipina

Meski begitu, Agus tidak memungkiri bahwa pasar otomotif di Kalbar terjadi penurunan untuk periode 2018 ke 2019, mencapai 15% dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan periode 2016 – 2017 dan 2017 – 2018 bertumbuh sekitar 30%.

“Tahun ini kita tidak growth, minus 3% dibanding tahun lalu tapi penurunan ini masih lebih bagus dibanding market. Secara share baik Pontianak maupun Kalimantan Barat, kita berada di ranking nomor 2 setelah saudara kembar kita Toyota,” lanjut Agus.

“Market share kita di kota Pontianak ini 24 persen meningkat dari tahun lalu yang 19 persen. Sedangkan di wilayah Kalimantan, Daihatsu juga ada di peringkat 2 dengan market share 22% (YTD April) dengan kontribusi terbesar dari model Sigra, pikap, dan Ayla,” pungkas Agus. [dp/MTH]