Tampilan Ertiga Versi Toyota Terinspirasi SUV Rush


NEW DELHI (DP) – Setelah meluncurkan hatchback Glanza yang berbasis Maruti Suzuki Baleno di India, Toyota siap merilis MPV yang mengambil basis Maruti Suzuki Ertiga.

Sebelum model tersebut meluncur resmi di pasar, beberapa gambar rekaan kembaran Ertiga itu sudah meramaikan sejumlah laman web di Negeri Hindustan itu. Salah satu gambar render yang dilansir GaadiWaadi, Ertiga versi Toyota itu menggunakan beberapa panel dan kit yang mirip dengan Toyota Rush.

Layaknya Glanza, Ertiga versi Toyota ini juga akan memiliki nama berbeda dari Ertiga. Namun, berbeda dengan Glanza yang hanya mencantumkan emblem dan nama, Ertiga versi Toyota ini memiliki beberapa perbedaan substansial dibandingkan Ertiga versi Suzuki.

Hal itu terjadi karena Toyota menyematkan beberapa komponen plastik yang kelihatannya terinspirasi dari gaya Rush. Dengan demikian, Ertiga racikan Toyota lebih terlihat gagah dan tegas ketimbang Ertiga asli.

Baca juga:  Toyota Investasi Rp14,1 Triliun di Grab

Meski harganya akan melambung, tapi kemitraan Toyota dengan Suzuki ini dinilai bakal menguntungkan Toyota, karena raksasa otomotif Jepang ini akan dapat memperbesar pangsa pasarnya di India, yang notabene didominasi oleh Maruti Suzuki.

Sedangkan keuntungan bagi Suzuki dari kolaborasi dengan Toyota adalah mendapatkan akses terhadap teknologi hybrid dan teknologi ramah lingkungan lainnya. Selain itu, Maruti Suzuki akan mendapat pasokan model RAV4 dan Corolla Wagon bertenaga listrik untuk dipasarkan di Eropa.

Meski belum ada penjelasan resmi dari Toyota Kirloskar Motor terkait spesifikasi kembaran Ertiga, tapi diyakini low MPV ini akan dibekali mesin bensin 1.5-liter K15B, dengan dua opsi transmisi, yakni manual 5-speed dan matik 4-speed,dan ditopang teknologi mild hybrid SHVS. [dp/TGH]