Kia Siapkan Rival Untuk Xpander dan Avanza


NEW DELHI (DP) – Kia Motors baru saja menggelar debut global untuk model SUV terbaru bernama Seltos di India. Terpilihnya India sebagai lokasi perkenalan kepada dunia, karena di negeri itu pasar cukup menjanjikan sekaligus untuk ‘menemani’ Hyundai yang punya nama mentereng di sana.

Han Woo Park, CEO dan Presiden Kia Motors Corporation, di sela acara peluncuran Seltos beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa Kia ingin membangun citra merek di India dan juga menyiapkan langkah berikutnya untuk meramaikan pasar otomotif Negeri Hindustan tersebut.

Setelah Seltos, Kia juga mempertimbangkan untuk merilis beberapa model baru untuk pasar India, dan model MPV menjadi salah satu opsi.

Untuk model MPV kemungkinan akan menggunakan platform yang sama dengan Kia Seltos dan dapat menjadi rival Maruti Suzuki Ertiga dan Mahindra Marazzo.

Untuk diketahui, platform Seltos juga dipakai oleh Hyundai Creta generasi baru, yang akan diluncurkan sekitar setahun lagi.

Baca juga:  Fuel Pump Bermasalah, Vietnam Recall 14 Ribu Xpander Asal Indonesia

Beberapa sumber di Kia menyebutkan bahwa model MPV berbasis Seltos itu nantinya tak hanya untuk membidik pasar India, melainkan juga diekspor ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Jika itu terjadi, konsumen di Tanah Air akan memiliki lebih banyak pilihan untuk kelas low MPV. Saat ini, pasar low MPV Indonesia diramaikan oleh Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza/Veloz, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Nissan Livina dan Wuling Confero. Sementara untuk MPV di bawah kelas 1.500 dan 1.300cc ada Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Datsun Go dan juga pendatang baru Renault Triber.

Di India, Kia Seltos ditawarkan dalam tiga pilihan mesin, yakni nesin bensin 1.5-liter dengan girboks manual 6-speed dan CVT auto, juga ada mesin diesel 1.5-liter dengan transmisi manual 6-speed dan 6-speed torque converter auto, serta mesin bensin 1.4-liter direct-injection turbo, yang dibekali transmisi matik kopling ganda 7-speed. [dp/TGH]