Cara Shop&Drive Edukasi Berbisnis Bengkel Para Siswa SMK


JAKARTA (DP) – Shop&Drive meresmikan Teaching Factory (TEFA) – Bengkel binaan Astra Otoparts: Shop&Drive – Shop&Bike di SMK PGRI 20, Jakarta Timur, Selasa (25/6) lalu. Adanya bengkel ini, nantinya peserta didik akan dilatih dan dididik untuk melayani konsumen.

TEFA sendiri merupakan metode pembelajaran yang berorientasi pada proses produksi dan bisnis, di mana penguasaan keahlian atau keterampilan peserta didik dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar yang sesungguhnya.

Adapun pelayanan yang diberikan di TEFA tidak hanya pada jasa penggantian produk seperti aki, oli, shock absorber, serta ban yang menjadi bagian dari pembelajaran.

“Kami harap dengan ikut berpartisipasinya Shop&Drive dalam TEFA di SMK PGRI 20 Jakarta dapat membantu para siswa dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga kerja yang profesional, meningkatkan minat dan kompetensi, serta bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” ujar Indra Nugraha, Retail Division Head Astra Otoparts.

Indra menambahkan, dengan mengintegrasikan beberapa proses pembelajaran tersebut, diharapkan dapat menghasilkan keahlian atau keterampilan yang layak dipasarkan dan menambah nilai tambah bagi sekolah.

Adanya kolaborasi ini untuk merealisasikan TEFA dengan memberikan pelatihan kepada pihak sekolah, yang dimulai dari pelatihan kepada siswa hingga tenaga pengajar, serta memberikan alat-alat pendukung dan perlengkapan sesuai kebutuhan.

Kehadiran TEFA ini juga diharapkan dapat mewujudkan upaya SMK PGRI 20 Jakarta dalam menciptakan dan membentuk SDM yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).

Di sisi lain, TEFA juga menjadi sumber transfer teknologi dan informasi terutama pada aktivitas peserta didik dan guru saat pembelajaran, menumbuhkan kreatifitas siswa, memperluas kesempatan rekruitmen bagi lulusan, membantu siswa dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga kerja yang terampil, serta tentunya membina kerjasama yang baik dengan Astra Otoparts.

“Membuat bengkel binaan ini tidak mudah dan membutuhkan proses yang panjang. Dengan adanya TEFA, semoga link and match antara SMK PGRI 20 Jakarta dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Astra Otoparts) dapat meningkatkan kompetensi siswa sehingga sesuai dengan kebutuhan industri,” tutur Drs. H. Wurdono, M.Pd, Kasi Bidang Kurikulum Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Hadirnya TEFA juga dapat menyadarkan siswa bahwa dalam penguasaan keterampilan siswa tidak hanya mempraktikkan soft skill dalam pembelajaran, bekerja dalam tim, dan melatih kemampuan komunikasi interpersonal, tetapi juga merealisasikan pengetahuan secara langsung dan latihan bekerja untuk memasuki dunia kerja secara nyata. [dp/MTH]