Toyota Siap Investasi Rp28,3 Triliun Bangun Mobil Listrik di Indonesia


OSAKA (DP) – Toyota berencana berinvestasi US$2 miliar atau setara Rp28,3 triliun untuk mengembangkan mobil listrik di Indonesia dalam empat tahun ke depan.

Hal itu terungkap dalam keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, akhir pekan ini, yang mengutip pernyataan Presiden Toyota Akio Toyoda. Menurut bos besar Toyota itu, mulai 2019 hingga 2023, raksasa otomotif Jepang itu akan secara progresif meningkatkan investasi hingga Rp28,3 triliun.

Pemilihan Indonesia sebagai salah satu basis produksi mobil listrik adalah karena negeri ini memiliki cadangan melimpah untuk nickel laterite ore, bahan utama untuk pembuatan baterai lithium-ion yang digunakan oleh mobil listrik.

Komitmen Toyota untuk investasi baru di Indonesia disampaikan dalam pertemuan antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan dan Akio Toyoda di sela penyelenggaraan pertemuan G20 di Osaka, Jepang.

“Karena Pemerintah Indonesia sudah memiliki peta pengembangan mobil listrik, Toyota mempertimbangkan Indonesia sebagai tujuan investasi utama untuk pengembangan mobil listrik,” ujar Toyoda.

Baca juga:  Muncul Lagi Gambar Rekaan Lexus Kembaran Toyota Alphard

Dalam periode empat tahun tahapan investasi tersebut, pada tahap awal adalah pengembangan mobil hybrid di Indonesia.

Toyota tak sendiri untuk memanfaatkan potensi Indonesia sebagai basis produksi mobil listrik, karena sebelumnya Hyundai mengumumkan investasi senilai US$880 juta untuk memulai membangun kendaraan listrik di Tanah Air. Selain itu, Mitsubishi sudah menjalin kerjasama erat dengan Pemerintah Indonesia untuk melakukan riset infrastruktur mobil listrik. [dp/DP]