Alex Marquez Koleksi Kemenangan Keempatnya di Sachsenring

Foto: MotoGP

SACHSENRING (DP) – Akhirnya Alex Marquez kembali ‘singgah’ di podium utama usai menyudahi persaingan dengan para pebalap Moto2 pada MotoGP Jerman, Sachsenring, Minggu (7/7). Dia mampu unggul 1,208 detik dari Brad Binder (KTM) dan Marcel Schrötter (Kalex).

Dengan hasil ini, Alex berhasil bercokol kembali di tangga klasemen sementara Moto2 dengan perolehan poin 138, terpaut 8 poin dengan pebalap Dynavolt Intact GP, Thomas Luthi yang mengoleksi 128 poin.

Publik Jerman patut bergembira berkat podim ketiga yang mampu digapai oleh Schrötter. Naas bagi Luthi yang dijatuhi long lap penalty akibat benturan Xavi Vierge pada lap ke 13.

Akibatnya Vierge terjatuh dan tidak mampu melanjutkan lagi balapan. Atas kejadian ini tim steward akhirnya menjatuhkan hukuman, sehingga posisinya diambil oleh Fabio Di Giannantonio pada urutan ke 6.

Start dari pole position, Alex sempat tercecer ke posisi 6 dan langsung diambil alih oleh Luca Marini memimpin jalannya balapan. Meski begitu Alex terus menjaga ritme balapnya agar tidak tertinggal jauh dengan rombongan terdepan.

Foto: MotoGP

Namun satu lap berselang, Schrotter mampu menggusur Marini, sebelum kemudian Iker Lecuona yang giliran memimpin jalannya balapan. Saat bersamaan, Marquez masih berada di posisi kelima. Adalah Xavi Cardelus dan Jake Dixon yang pertama menyudahi balapan.

Mulai menemukan kecepatan dan ritme, Alex mulai membayangi laju Lecuona. Pun demikian, pebalap dari tim American Racing KTM ini rupanya mampu memberikan perlawanan.

Alex akhirnya menaklukkan Lecuona pada Lap 7. Sempat dilewati tiga lap berikutnya, tetapi Spaniard mampu membalasnya. Bahkan saat itu pula, ia mencoba menjauh dari kejaran rival.

Pertengahan lap, Alex sudah sulit dibendung dan berhasil membuat gap lebih dari 1 detik dengan rombongan di belakang. Pertarungan seru pun beralih antara Lecuona, Schrotter dan Binder yang memperebutkan podium kedua.

Balapan lalu dimenangi Marquez, sementara Binder mengamankan finis kedua, dengan Schrotter urutan ketiga. Nasib sial dialami Lecuona. Tepat pada lap dan tikungan terakhir, ia terjatuh.

Rookie Di Giannantonio finis kelima, hasil terbaiknya musim ini. Luthi – sempat dikenai long lap penalty atas insiden dengan Xavi Vierge pada Lap 5 – berhasil finis kelima.

Posisi keenam ditempati Augusto Fernandez, mengungguli rekan setim Lorenzo Baldassarri. Sedangkan finis kedelapan diklaim Jorge Navarro, di depan Jorge Martin serta Luca Marini.

Kemenangan Alex di Sachsenring ini menjadikannya yang keempat pada musim ini. Gelaran Moto2 berikutnya akan dihelat di Red Bull Ring, Austria, 4 Agustus mendatang, atau usai libur musim panas. [dp/MTH]