Asuka Car TV Rilis Head Unit Baru di GIIAS 2019


TANGERANG (DP) – Asuka Car TV memanfaatkan pameran GIIAS 2019 untuk memperkenalkan produk head unit terbarunya dengan tipe TR-310, Senin (22/7) lalu. Selain itu, juga diluncurkan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) TPS-100, perangkat pemantau tekanan angin pada ban.

Albert Lim, Marketing Manager Asuka Car TV, mengatakan dirilisnya kedua produk baru ini sejalan dengan komitmennya menghadirkan produk car entertainment berkualitas, yang terus mengedepankan inovasi terkini.

“Kehadiran produk baru ini untuk menjawab kebutuhan konsumen dalam setiap lini produknya. Pengunjung dapat mencoba langsung produk Asuka yang kaya fitur, dan berkualitas tinggi,” jelas Albert, disela temu media, Senin (22/7) lalu.

Headunit TR-310

TR-309/TR-310 adalah headunit terbaru dari Asuka yang di dalamnya dilengkapi High-end Professional Audio DSP yang mampu memproses input audio signal lewat alogoritma khusus.

Saat diuji, TR-310 mampu mencapai SNR (Signal to Noise Ratio) value hingga 89dB yang berarti head unit ini memiliki throughput maksimal dan stabil. Didukung juga oleh High Quality Optical SPDIF Audio Output yang mampu menyalurkan sinyal suara dengan kualitas terbaik.

Baca juga:  DFSK Glory i-Auto Mulai Menyapa Indonesia Timur

Pada head unit berukuran 10 inci ini dapat menikmati konten dengan gambar yang tajam walau layar terpapar sinar terang, berkat teknologi Anti-Reflection Capacitive LCD. Tampilan antarmukanya alias UI-nya pun tak hanya cantik tapi juga sangat user friendly dan fungsional.

“Kita dapat mengakses seluruh fitur penting seperti pemutar musik, radio, equalizer, info jam/tanggal, settings, serta seluruh aplikasi yang paling sering digunakan langsung dari layar depan, bahkan kita dapat custom sendiri sesuai yang kita inginkan,” imbuh Albert.

Bicara soal equalizer, sebagai headunit yang diperuntukkan bagi audiophile, Asuka TR-310 memiliki dua pilihan pengaturan yaitu Quick Mode di mana terdapat 12 preset yang bisa dipilih berikut pengaturan loudness, bass, mid, serta treble dan Balance/Fader Adjustment.

Opsi kedua yaitu Professional Mode yang hadir dengan tambahan pengaturan seperti Time Alignment, Balance/Fader Adjustment, Crossover Filter Adjustment, Individual 16-band Graphic EQ and Q Factor Adjustment, dan yang terakhir Bass enhancement.

Baca juga:  DFSK Glory i-Auto Mulai Menyapa Indonesia Timur
Unit receiver TPS-100 yang dihubungkan ke head unit TR-309 atau TR-310.

“Asuka TR-310 juga sudah mendukung smartphone mirroring jika menginginkan hiburan online di dalam mobil layaknya pada smartphone seperti, Aplikasi Video, Musik dan Navigasi, missal, YouTube, Spotify, Google Maps, Waze dan beragam fungsi lainnya. Khusus untuk mirroring Android, fitur ini berjalan dua arah, alias kita juga dapat mengendalikan smartphone dari headunit, sebuah fitur yang amat berguna bagi pengemudi,” tambahnya.

Terakhir, Asuka TR-310 dilengkapi dukungan fitur dan aksesori seperti steering wheel control, parking camera, Built-In Tuner TV Digital, dan juga dapat terintegrasi dengan TPMS.

TPMS (Tire Pressure Monitoring System) TPS-100

Untuk TPS-100 berfungsi untuk memantau tekanan ban mobil secara external. Perangkat tersebut dipasangkan di pentil ban sehingga proses pemantauan dilakukan secara nirkabel dan real time alias langsung, bahkan saat kita berkendara sekalipun.

TPS-100 tak hanya mampu memantau tekanan ban dari head unit, juga informasi seperti temperatur ban, dan notifikasi jika ban kurang angin, kelebihan angin, atau adanya penurunan tekanan angin secara drastis.

Baca juga:  DFSK Glory i-Auto Mulai Menyapa Indonesia Timur

TPS-100 mampu bekerja terintegrasi dengan headunit Asuka seri PTA. Memanfaatkan low power Bluetooth untuk koneksinya, sensor pada ban ditenagai baterai yang dapat diganti sekaligus dilengkapi pengaman agar tidak mudah dilepas oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Perangkat ini terbagi atas dua komponen utama, pertama, sensor berbentuk tutup pentil yang dipasang pada tiap ban, dan kedua, unit receiver untuk menerima data dari sensor yang dihubungkan langsung ke head unit untuk ditampilkan.

“Untuk harga kedua produk ini masing-masing, untuk Head unit TR-310TV di kisaran Rp9 jutaan, dan untuk TPMS tipe TPS-100 dibanderol seharga 2,6 juta rupiah,” tutup Albert. [dp/MTH]